Antisipasi Lonjakan Penumpang Libur Panjang, Daop 3 Cirebon Tambah Perjalanan Kereta

oleh -70 views
Stasiun-Cirebon
Stasiun Kejaksan Cirebon. FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon mengoperasikan 53 kereta api ke berbagai wilayah di pulau Jawa. Hal itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur panjang akhir Oktober ini.

“Penambahan perjalanan KA ini merupakan upaya KAI untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin menikmati libur panjang Maulid Nabi dan cuti bersama,” jelas Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, Sabtu (24/10).

Dijelaskan Luqman, peningkatan jumlah perjalanan KA ini secara otomatis menambah jumlah tempat duduk yang disediakan. Jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh pada long week end sebanyak 221.193 tempat duduk, naik 13% dibanding masa sebelumnya sebanyak 195.211 tempat duduk.

Baca juga:

Ini Dia, Kades Cantik Angely Semitasari

Polemik Takhta Sultan Sepuh, Begini Tanggapan Kiai Buntet Pesantren

Kurir Paket Naik Motor Sambil Buka HP, Tewas Disambar Kereta

“Tiket KA Long Weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Dapatkan Railpoint dari setiap pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial dengan melakukan registrasi pada aplikasi KAI Access versi terbaru. Selain itu, dengan melakukan transaksi tiket KA di aplikasi KAI Access, pelanggan dapat langsung memesan Taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis,” jelaskan.

Luqman menuturkan, KA favorit masyarakat yang dapat dipesan di masa Long Weekend di antaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir pp, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Jakarta Kota pp, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen pp, KA Tegal Ekspres relasi Tegal – Pasar Senen, KA Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo balapan PP dan berbagai KA lainnya.

“Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI menyediakan layanan rapid test di 30 stasiun. Penyediaan layanan rapid test di stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar. Sejak dibuka, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan tersebut sudah mencapai lebih dari 190 ribu pelanggan,” tuturnya.

Luqman mengatakan, masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan berbagai layanan KAI. Karena KAI telah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia berharap minat masyarakat untuk menggunakan kereta api kembali seperti sebelum adanya pandemi.

“Perjalanan KA libur long weekend ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” pungkasnya. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *