10.000 Jamaah Ibadah Umrah Bulan Depan

oleh -131 views

RIYADH – Pemerintah Arab Saudi secara resmi membuka umrah bagi jamaah dari luar negeri atau internasional mulai awal November 2020 mendatang. Diperkirakan, akan ada 10.000 jamaah internasional masuk ke Saudi bulan depan.

Kementerian Haji dan Umrah Saudi telah membuka kembali pelaksanaan umrah di tengah pandemi Covid-19 sejak awal Oktober ini. Pada tahap pertama, umrah hanya diperuntukan bagi jamaah domestik Saudi dengan kuota terbatas.

Sedangkan umrah untuk jamaah internasional baru akan dibuka mulai tanggal 1 November mendatang. Pemerintah Saudi menetapkan sejumlah aturan penerimaan jamaah umrah luar negeri, termasuk status asal jamaah bukan dari negara dengan kasus Covid-19 tinggi.

Dilansir Arab News, Senin (26/10), maskapai Saudi telah membuka kembali 33 tujuan perjalanan yang sebagian besar adalah negara berstatus ‘hijau’ dari penyebaran Covid-19.

Pembukaan kembali umrah bagi jamaah internasional menjadi kabar baik bagi perusahaan perjalanan umrah di Arab Saudi. Ahmed Bajaifer, seorang investor di perusahaan umrah memperkirakan 10.000 jamaah akan tiba setiap minggu di Arab Saudi.

“Dengan jumlah itu, membuat perusahaan umrah dapat dengan mudah menangani jamaah sambil menerapkan langkah-langkah pencegahan (penularan Covid-19),” kata Ahmed.

Kebijakan yang diterbitkan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, jamaah umrah yang diizinkan adalah mereka yang berusia antara 18 tahun sampai 50 tahun.

Mereka juga harus menunjukkan hasil tes PCR yang membuktikan mereka negatif Covid-19. Hasil tes harus dikeluarkan oleh fasilitas kesehatan terpercaya di negara jamaah tidak lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan.

Jamaah umrah bisa menentukan waktu kunjungan umrah serta berdoa dan salat di dua masjid suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) melalui aplikasi Eatmarna yang bisa diunduh di smartphone.

Jamaah juga diharuskan memiliki penerbangan pulang-pergi yang sesuai dengan durasi program umrah mereka, serta polis asuransi yang komprehensif.

Sedangkan bagi perusahaan umrah di Saudi diharuskan menyediakan paket layanan akomodasi, termasuk makan tiga hari untuk masa karantina setelah tiba dari negara asal. Jemaah juga harus disediakan transportasi dari bandara ke tempat penginapan.

Jamaah umrah yang datang dari luar negeri akan dibagi dalam beberapa kelompok berisi minimal 50 jamaah. Seorang pemandu akan ditunjuk untuk setiap kelompok. (der/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *