Petugas Gabungan Alihkan Arus Kendaraan Besar Non Sembako dari Tol ke Jalur Arteri

oleh -93 views
Pengalihan-Arus-Kendaraan-Besar
Petugas gabungan melakukan pengalihan arus kendaraan besar non sembako keluar gerbang Tol Palimanan 4, Sabtu (31/10). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Petugas gabungan dari Satuan lalu lintas Polresta Cirebon dan Direktorat Perhubungan Darat Kemenhub RI dan Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon melakukan pengalihan arus kendaraan besar non sembako.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan saat arus balik libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama.

Semua kendaraan truk besar atau sumbu 3 dari arah Jawa Tengah yang melintas ruas Tol Palikanci dialihkan keluar melalui Gate (gerbang) Tol Palimanan 4.

Baca juga:

Oh, Milenial yang Dimaksud Megawati Stafsus Jokowi

MUI Serukan Boikot Produk Prancis sampai Macron Minta Maaf

Akibat Covid-19, Bus DAMRI Cirebon ke Bandara Kertajati Belum Beroperasi

Selanjutnya kendaraan-kendaraan tersebut melanjutkan perjalanannya melalui jalur arteri (jalan non tol).

“Mulai hari ini (31/10), pukul 12.00 WIB mulai melakukan rekayasa arus lalu lintas antisipasi arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad dan cuti bersama dengan mengeluarkan kendaraan angkutan barang sumbu 3 ke atas dari arah Jawa Tengah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban volume kendaraan yang ada di jalur Tol Cipali arah Jakarta. Kendaraan-kendaraan tersebut dikeluarkan ke Gate Tol Palimanan 4 yang selanjutnya melalui jalur arteri,”ujar Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi kepada radarcirebon.com di Gat Tol Palimanan 4, Sabtu (31/10).

Dijelaskan Kapolresta, puncak arus balik diprediksi terjadi hari Minggu (1/11).

“Terhitung sejak Sabtu (31/10) pukul 00-00 hingga 12.00 WIB sudah tercatat 8.000-an kendaraan yang melintas di tol dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta. Jadi hari ini sudah ada aktivitas arus balik ke Jakarta,” jelasnya.

Mengantisipasi penumpukan di rest area, masih kata kapolresta, disiapkan personel gabungan. Personel akan membuka dan menutup rest area untuk menghindari kepadatan kendaraan.

“Untuk rest area di wilayah Polresta Cirebon arus balik berada di KM 229 B. Kami menyiagakan personel gabungan di rest area. Apabila rest area penuh tidak bisa menampung, maka rest area akan kami tutup dan mengimbau pengendara mencari rest area selanjutnya,” katanya.

Kapolresta juga menyebutkan, terdapat titik rawan kemacetan di jalur arteri Kabupaten Cirebon. Namun, petugas sudah disiagakan di sejumlah titik yang rawan kemacetan.

“Jalur sepanjang Palimanan hingga perbatasan Indramayu merupakan rawan kemacetan. Namun kami juga sudah melakukan antisipasi dengan menyiagakan personel,” sebutnya. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *