Pemkab Cirebon Kesulitan Cari Hotel untuk Isolasi Pasien Covid-19, Ini Usulan Dinkes

oleh -439 views
Kadinkes-Kabupaten-Cirebon
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni. Foto: Dedi Haryadi/radarcirebon.com

CIREBON – Pemkab Cirebon hingga kini masih mencari hotel untuk digunakan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni mengaku kesulitan mencari hotel yang bisa disewa.

“Ada yang mau, tapi harus disewa selama sebulan penuh dan seluruh kamar. Kami berharap dukungan dari semua pihak untuk bisa mengusahakan tempat isolasi mandiri. Karena saat ini tempat isolasi tersebut sangat dibutuhkan,” tuturnya, Jumat (20/11).

Baca juga:

Pecah Rekor Lagi, Sehari Tambah 83 Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon

Jelang Asar, Bareskrim Polri Masih Minta Keterangan Ridwan Kamil

Sekolah Buka Januari 2021, Mendikbud: Diizinkan, Bukan Diwajibkan

Kadinkes menyebutkan, beberapa hari ini ada peningkatan cukup signifikan terkait jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon

“Untuk hari ini saja kami mencatat ada sebanyak 83 kasus positif baru. Sehingga jumlah total kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon, berjumlah 1804 kasus,” sebutnya.

Menurut Eni, ada tren yang perlu diwaspadai dalam peningkatan kasus saat ini.

“Sebelumnya jumlah pasien yang bergejala berjumlah 30 persen dan yang tidak bergejala (OTG) berjumlah 70 persen. Sekarang hampir imbang, bergejala 46 persen dan tidak bergejala 54 persen,” sebutnya.

Kondisi ini, lanjut Eni, mengakibatkan banyaknya pasien Covid-19 yang tidak bisa terlayani. Karena semua rumah sakit penuh.

“Padahal, hampir seluruh rumah sakit di Kabupaten Cirebon sudah menambah kapasitas untuk pasien Covid-19. RS Mitra Plumbon yang sebelumnya hanya menyediakan 25 kapasitas, sekarang bertambah menjadi 87 kapasitas. Begitu juga, sejumlah rumah sakit lainnya, seperti RS Waled dan Arjawinangun. Walaupun sudah ditambah, ternyata masih belum bisa melayani pasien Covid-19, karena ruangan penuh,” imbuhnya.

Melihat kondisi seperti ini, Eni mengusulkan kepada Pemkab Cirebon untuk menjadikan salah satu rumah sakit di Kabupaten Cirebon, khusus untuk pelayanan Covid-19. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *