Yuk Wisata Religi di Kota Cirebon, Ada Paket Kunjungan Masjid-masjid Kuno Bersejarah

oleh -197 views
Paket-Wisata-Religi-Masjid-Kuno
Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati bersama perwakilan dari Keraton Kasepuhan Ratu Alexandra secara simbolis memecahkan kendi,Sabtu (21/11). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Kota Cirebon memiliki banyak masjid kuno yang layak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya Masjid Raya At Taqwa yang dibangun pada 1905, namun juga terdapat masjid-masjid kuno lainnya yang bersejarah.

Untuk memperkenalkan masjid-masjid kuno bersejarah tersebut, At-Taqwa Center Kota Cirebon meluncurkan paket wisata religi. Paket wisata ini memanjakan wisatawan untuk mengunjungi masjid-masjid kuno yang ada di Kota Cirebon.

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati kepada radarcirebon.com menuturkan, Kota Cirebon memiliki potensi yang luar biasa untuk melaksanakan wisata religi.

Baca juga:

Raffi Ahmad Mulai Bongkar Sifat Asli ‘Kembarannya’

Kasus Covid-19 Kota Cirebon Bertambah 38 Orang, Dinkes Kewalahan

Kasus Pencabulan Dilakukan Orang Dekat Kembali Terjadi, Korbannya di Bawah Umur

“Kita bahkan bisa melebihi Yogyakarta dan Solo. Ini dikarenakan selain memiliki sejumlah keraton untuk berwisata, Kota Cirebon juga memiliki wisata-wisata religi melalui banyaknya bangunan masjid kuno yang dimiliki. Ini yang tidak dimiliki daerah lain,” tuturnya usai menghadiri grand launching wisata religi masjid kuno Kota Cirebon di Masjid Raya At Taqwa, Kota Cirebon, Sabtu (21/11).

Eti menuturkan, wisata religi masjid kuno tersebut merupakan gagasan yang luar biasa.

“Saya berharap wisata religi masjid kuno ini bisa menambah jumlah kunjungan wisatawan di Kota Cirebon. Tentunya Pemkot Cirebon sangat mendukung paket wisata ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua At Taqwa Center Ahmad Yani menjelaskan, kunjungan wisatawan ke Masjid Raya At Taqwa selama 10 tahun terakhir rata-rata setiap hari 600 orang. Sedangkan saat weekend, mulai Jumat hingga Ahad lebih dari 1.000 orang.

Menurutnya, Masjid Raya At Taqwa sudah menjadi magnet untuk dikunjungi wisatawan. Hanya di masa pandemic Covid-19 saja jumlahnya menurun sekitar 20 persen.

Kota Cirebon tidak hanya memiliki Masjid Raya At Taqwa yang dibangun pada 1905. Namun juga masjid-masjid kuno lainnya.

“Ada pesan juga dari almarhum Sultan Sepuh Arief Natadiningrat meminta agar masjid-masjid kuno yang ada di Kota Cirebon bisa terbawa modern, namun dari sisi manajerial. Untuk itu, wisata religi masjid kuno ini digagas,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *