DLH Bersama TP PKK Majalengka Atasi Masalah Sampah

oleh -16 views
JUMAT BERSIH: Gerakan Jumat Bersih di Stadion Warung Jambu diwarnai dengan kegiatan senam masal. HUMAS PEMKAB MAJALENGKA FOR RADAR CIREBON

MAJALENGKA- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama TP PKK dan Dharmawanita Kabupaten Majalengka mengadakan Gerakan Jumat Bersih, (20/11). Kegiatan dipusatkan di Area Stadion Warung Jambu. Kegiatan Gerakan Juma’t Bersih ini diikuti oleh TP-PKK, Dharmawanita dan DLH bersama masyarakat sekitar, khususnya di Kelurahan Majalengka Wetan.

Dalam keterangannya, Ketua Tim Penggerak PKK Majalengka, Hj Dedeh Karna Sobahi menyampaikan, Gerakan Jumat Bersih ini merupakan kerja sama ke-empat kalinya antara TP-PKK dengan Dinas Lingkungan Hidup. Kegiatan ini merupakan agenda rutin bulanan yang digelar pada pekan ketiga setiap bulannya.

Disebutkan, kerja sama dengan DLH akan terus dilakukan. Selain gerakan kebersihan, ada pula pelatihan kader-kader PKK terkait pengolahan sampah. Dengan begitu, sampah tidak langsung dibuang begitu saja, tetapi bisa diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi. Langkah pelatihan pengelolaan sampah ini, kata dia, bukan hanya membantu menyelesaikan persoalan sampah, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan wanita.

Ia menyebutkan, mengenai permasalahan kebersihan, hal utama yang harus diperhatikan adalah pemahaman warga. Jika warga sadar akan kebersihan, hal itu akan berdampak positif pada kesehatan masyarakat.

“Untuk itu kami menghimbau untuk bersama-sama menjaga kebersihan. Seperti pada kegiatan Gerakan Jumat Bersih ini, kami memberikan contoh terlebih dahulu. Terlebih dalam situasi Covid-19 ini, lingkungan harus senantiasa bersih. Karena dari bersih itu akan menciptakan masyarakat sehat,” ucap Hj Dedeh.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir Hj Nadisha Hanna Haritztin MM merasa gembira atas terselenggaranya Gerakan Jumat Bersih ini. Apalagi, kegiatan pelaksanaan melibatkan ibu-ibu TP-PKK dan masyarakat.

“Diharapkan PKK dapat membantu menyelesaikan persoalan sampah. Karena ibu-ibu PKK erat kaitannya dengan ibu rumah tangga,” ujarnya,

Selain melakukan aksi bersih-bersih, dalam kesempatan itu DLH juga memberikan bantuan alat-alat kebersihan kepada TP-PKK Majalengka. Disamping itu juga digelar Senam Sehat yang melibatkan warga sekitar. (kmg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *