Hediyana Dorong Tingkatkan Budaya Literasi

oleh -26 views
LISTERASI: Ketua Dewan Pendidikan Kota Cirebon Drs H Hediyana Yusuf MM mendorong budaya literasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat, kemarin. FOTO: AZIS MUHTAROM/RADAR CIREBON

SEBAGAI seorang akademisi dan praktisi pendidikan, Drs H Hediyana Yusuf MM kembali dipercaya untuk memimpin Dewan Pendidikan Kota Cirebon, untuk periode 2020-2025.

Jumat pekan lalu, H Hediyana dilantik sebagai ketua umum dewan pendidikan Kota Cirebon bersama para ketua dan pengurus lainnya oleh Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH.

Kiprah Hediyana di dunia pendidikan terbilang cukup komplit selama puluhan tahun.

Mulai dari berkuliah di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung-kini Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Pernah menjadi guru, dosen, akademisi, dan pendiri Yayasan Pendidikan Mahardika.

Hediyana juga pernah dipercaya masyarakat Kota Cirebon untuk menjadi anggota DPRD Kota Cirebon periode 2004-2009, menjadi ketua Komisi C yang salah satu urusannya adalah tentang pendidikan.

Sehingga, pasca pensiun menjadi anggota DPRD, pada tahun 2010 lalu dia dipercaya menjadi pengurus dewan pendidikan.

Dalam kepengurusan periode kali ini, Hediyana dan para pengurus lainya punya gagasan mendorong kepada Presiden Jokowi untuk membentuk Dewan Pendidikan tingkat nasional. “Dewan pendidikan Kota Cirebon, menjadi pionir mendorong terbentuknya dewan pendidikan di tingkat nasional,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini merupakan amanat undang-undang. Bahkan, di semua daerah kabupaten/kota sudah memiliki dewan pendidikan. “Posisi dewan pendidikan di daerah merupakan mitra pemerintah daerah dalam memberikan konsep gagasan, saran, dan pendapat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” ujarnya.

Demikian pula di pemerintah pusat. Terbentuknya dewan pendidikan nasional yang akan didorong pihaknya adalah sebagai mitra presiden untuk bersama-sama merumuskan kebijakan strategis pada sektor pendidikan, kemudian kebijakan tersebut akan dijalankan oleh para menteri terkait, yang kemudian diterapkan hingga ke daerah.

Hediyana mencontohkan, saat masa pandemi seperti sekarang ini, ketika sudah ada dewan pendidikan nasional, menteri pendidikan maupun menteri agama, dapat bersama-sama dewan pendidikan nasional dalam merumuskan kebijakan yang mesti diambil mengenai sistem pendidikan yang lebih efektif di masa pandemi.

Selain itu, untuk rencana dalam waktu dekat ini, dewan pendidikan Kota Cirebon akan bersama-sama pemkot untuk terus mendorong meningkatkan budaya literasi di kalangan masyarakat.

Salah satunya, akan menjadikan sekretariat dewan pendidikan Kota Cirebon sebagai pusat galeri literasi. Merumuskan langkah dan strategi agar budaya minat baca masyarakat Kota Cirebon terus meningkat. (azs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *