Pantau Latihan Penanggulangan Bencana Alam

oleh -15 views
LATIHAN: Korem Sunan Gunung Jati bersama Pemkab Cirebon mengadakan latihan penanggulangan bencana alam di Waduk Setupatok, kemarin (21/11).

CIREBON-Panglima Daerah Militer Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto SIP MM memantau langsung latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan Korem Sunan Gunung Jati di Waduk Setupatok, Sabtu (21/11).  Kepada Radar, Nugroho mengatakan pihak sengaja melihat langsung latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan oleh Korem.

Latihan penanggulangan bencana alam sendiri dilakukan sangat lengkap. Mulai adanya info dari BMKG terkait kondisi cuaca hingga proses penyelamatan dan meminimalisasi korban. Nugroho mengungkapkan baik institusi terkait termasuk TNI serta masyarakat harus sering melakukan latihan penanggulangan bencan alam. “Supaya kita terbiasa dengan latihan, apabila terjadi bencana sesungguhnya kita semua sudah siap,” ujarnya.

Selain itu, sinergitas lintas institusi baik Pemerintah Daerah, Polri serta elemen lainnya harus bisa lebih ditingkatkan. Dengan begitu penanggulangan bencana bisa dilakukan lebih komprehensif.

Sementara itu Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg mengatakan latihan penanggulangan bencana alam sangat penting dilakukan. “Terlebih lagi Kabupaten Cirebon tengah menghadapi musim hujan. Jadi terkait penanganan bencana alam harus lebih siaga lagi,”tuturnya.

Latihan penanggulangan bencana alam ini menurut Imron merupakan kerja sama antara TNI dan Pemkab Cirebon. “Jadi antara Pemkab Cirebon dan TNI ini sudah bekerjasama dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Cirebon,”tuturnya. (den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *