GOR Watubelah dan Bangunan Lama RSUD Arjawinangun akan Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

oleh -538 views
SPORT-CENTER-WATUBELAH-PENANGANAN-CORONA
PERAWATAN DARURAT: Ruang perawatan darurat disiapkan di Sport Center Watubelah. Ruangan-ruangan itu digunakan untuk transit ODP, OTG, ataupun ODR jika dibutuhkan tindakan medis lanjutan sebelum sampai di rumah sakit rujukan. FOTO: ANDRI WIGUNA/ RADAR CIREBON

CIREBON – Meningkatnya jumlah angka kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon membuat Pemkab Cirebon kewalahan.

Bahkan, hingga kini Kabupaten Cirebon belum mempunyai tempat khusus untuk isolasi bagi pasien Covid-19.

Untuk menangani hal tersebut, Pemkab Cirebon bakal mengambil alih Gelanggang Olahraga (GOR) Watubelah untuk dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19.

Baca juga:

Ruang Isolasi di Kota Cirebon Penuh, Banyak Pasien Covid-19 Antre

Rumah Sakit Mulai Penuh, Kabupaten Cirebon Butuh Hotel untuk Isolasi Pasien Covid-19 tanpa Gejala

RSD Gunung Jati Diusulkan Jadi Rumah Sakit Khusus Covid-19, Begini Tanggapan Wawali Kota Cirebon

“Penggunaan GOR Watubelah ini, sebagai salah satu bentuk antisipasi pemkab dalam memberikan pelayanan medis kepada masyarakat terutama pasien Covid-19. Akan dianalisisi terlebih dahulu kebutuhannya. Kalau sudah siap, baru dipergunakan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, Rabu (25/11).

Rahmat menuturkan, melonjaknya warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon salah satunya karena warga yang OTG (oramg tanpa gejala) masih berinteraksi dengan masyarakat lainnya.

“Jadi rencananya, akan kita rawat agar tidak berinteraksi dengan yang lainnya,” tuturnya.

Sementara Direktur Utama (Dirut) RSUD Arjawinangun dr Bambang Sumardi mengatakan, tempat isolasi baru tersebut bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang trennya terus naik.

“Rencananya selain GOR Watubelah, bangunan lama RSUD Arjawinangun akan direnovasi dan akan digunakan untuk tempat isolasi pasien Covid-19. Kami fokus untuk bisa sesegera mungkin menggunakan GOR Watu Belah. Karena untuk eks RSUD Arjawinangun, membutuhkan banyak perbaikan,” ungkapnya.

Dijelaskan Bambang, kapasitas isolasi pasien covid-19 di RSUD Arjawinangun saat ini ada 42 tempat tidur.

“Jumlah ini tidak memenuhi untuk kondisi sekarang. Sehingga penggunaan sport center sebagai tempat isolasi Covid-19 sangat mendesak,”jelasnya. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *