Ini Dia Si Pengancam Serius Mercedes

oleh -43 views
Max Verstappen
Max Verstappen

ABU DHABI – Max Verstappen dengan mobil Red Bull Racing-nya sukses mempecundangi duo Mercedes di balapan pamungkas musim 2020, GP Abu Dhabi, akhir pekan lalu. Menurut bos Mercedes, Toto Wolff, kemenangan Verstappen merupakan peringatan akan potensi ancaman ke depannya.

Dalam pengamatannya, Max Verstappen dan Alex Albon yang mengendarai Red Bull RB13, lebih cepat selama mengaspal di lintasan. Alex yang merupakan pembalap Inggris-Thailand itu, beberapa kali memiliki peluang melakukan overtake atas Hamilton, yang berjuang keras mengamankan posisi ketiga.

“Hasil balap ini menunjukan jika setiap tim (bahkan Mercedes sekalipun) memiliki kelemahan, dan bahwa kami tampil tidak dengan performa terbaik pekan ini. Ini adalah faktanya saat ini, Red Bull pantas menang. Ini menandakan jika mereka punya mobil balap yang sangat baik. Ini yang ditunjukan dengan performa driver yang tidak kalah baiknya,” kata Toto Wolff dikutip Motorsport.

“Bahkan, Alex Albon sepertinya tampil lebih cepat dari kami di akhir balapan. (Kedua pembalap) Red Bull bisa saja finis dua teratas. (Jika saja demikian) ini kabar buruk untuk kami. Kekalahan ini adalah peringatan bagi Mercedes. Laga akhir pekan ini kurang memuaskan bagi kami. Mercedes W11 tidak pernah mengecewakan kami sebelumnya, tidak pernah hingga pekan ini,” sambungnya.

Verstappen yang sukses sebagai pemuncak mengaku sangat puas dengan performa Red Bull di Sirkuit Yas Marina, Minggu (14/12) malam WIB itu. Tidak hanya sukses meraih kemenangan kesepuluh dalam karir F1-nya, pebalap Belgia itu sekaligus menghentikan dominasi duo Mercedes, yang sejauh ini, merupakan rival terberat dalam karirnya.

“Kemenangan yang terasa nikmat. Hari ini kami memulai balapan dengan sangat baik, dari situ performa ban sangat menunjang hasil balapan. Namun yang terpenting adalah RB13 mampu tampil stabil. Sempat ada sedikit guncangan di bannya (sempat membuat saya khawatir). Untung semuanya baik-baik saja. Kecepatan tak terganggu, dan bannya tetap performing,” kata Verstappen di akhir laga.

Mercedes yang kembali menurunkan Lewis Hamilton, setelah absen lantaran terpapar virus corona, tidak dapat memberikan yang terbaik. Pembalap Inggris yang mampu menyamai rekor Michael Schumacher itu, bahkan kewalahan untuk mengejar rekan satu timnya, yang tampil cukup impresif satu posisi di atasnya.

Max Verstappen memang mendominasi di balapan kali ini. Namun kemenangan pembalap 23 tahun ini baru yang kedua di musim F1 2020. Namun, dari 17 balapan yang ada, Mercedes yang digawangi Hamilton dan Bottas telah mengantungi 13 kemenangan yang ada, 11 di antaranya adalah milik Lewis Hamilton. (mid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *