Amoxicillin Disebut Bisa Obati Covid-19, Begini Faktanya

oleh -208 views
amoxicilin-obat-covid
Ilustrasi.

ANTIBIOTIK Amoxicillin disebut-sebut bisa obati covid-19. Obat dengan dosis 500 mg ini, diklaim ampuh. Bagaimana kebenarannya?

Seperti diketahui, disebarkan lewat pesan berantai, disebutkan bahwa:

“Pesan dari Habib Ja’far bin Muhammad bin Hamid, taruh 2 biji obat amoxicillin ke dalam tandon air di rumah, jangan di logika karena ini yang disampaikan kepada Pak Luhut Binsar Panjaitan dan sudah dilaksanakan di rumah kepresidenan dan dinas-dinas lain.”

Dilansir dari Klik Dokter, kabar tersebut tidak ada hubungan antara fungsi dari tandon air yang dicampurkan dengan amoxicillin untuk mencegah virus corona.

Baca Juga:

Jika amoxicillin bisa membunuh virus, maka akan ada keterangan mekanisme dan proses yang jelas.

Sementara, Amoxicillin merupakan obat golongan antibiotik yang ditujukan untuk mengatasi infeksi bakteri pada tubuh. Lalu, amoxicillin ini juga sudah kebal dengan bakteri tapi bukan untuk virus.

Amoxicillin digunakan untuk mengobati berbagai infeksi seperti infeksi saluran napas, luka yang terinfeksi, infeksi telinga dan sebagainya.

Obat ini adalah antibiotik tipe penisilin, yang mana obat itu bekerja untuk menghentikan pertumbuhan bakteri.

Obat ini juga digunakan dengan obat lain untuk mengobati mag atau usus akibat infeksi bakteri H. pylori, untuk mencegah bisul datang kembali.

Jadi keseimpulannya, antibiotik ini hanya untuk mengobati infeksi bakteri dan tidak akan bekerja untuk memerangi infeksi virus. (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *