Sosialisasi Aplikasi Android Marbel untuk Bantu Belajar Daring

oleh -32 views
ayu-vita-upi

Oleh: Ayu Vita TR

PERSEBARAN covid-19 sangat cepat dan terus meningkat. Begitu banyak dampak yang ditimbulkan. Salah satunya di bidang pendidikan.

Sejak Maret 2020 lembaga pendidikan menjalankan kebijakan baru sesuai dengan surat yang telah diedarkan, yaitu pembelajaran di semua jenjang dilakukan secara daring atau online.

Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran daring ini dibutuhkan inovasi yang menarik dan menyenangkan, terutama pembelajaran daring untuk anak usia dini.

Berdasarkan hasil diskusi bersama guru dan orang tua siswa TK Sekarwangi Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, bahwa selama melaksanakan pembelajaran secara daring guru dan orang tua mengalami hambatan.

Guru mengalami hambatan dalam penyampaian informasi pembelajaran dan orang tua mengalami hambatan dalam membimbing anak selama belajar di rumah sebab anak sudah mulai bosan.

Sehingga dari hambatan yang dialami oleh guru dan orang tua perlu adanya solusi untuk dapat mengatasi hambatan yang terjadi.

Sebagai salah satu solusinya yaitu Mahasiswi KKN Tematik PPD Covid-19 Universitas Pendidikan Indonesia melakukan kegiatan sosialisasi Aplikasi Marbel sebagai salah satu media pembelajaran digital yang dapat digunakan oleh orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan oleh Ayu Vita Tri Rezeki Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anaka Usia Dini, yang di bimbing oleh bapak Syifaul Fuada SPd MT.

Kegiatan sosalisasi ini dilaksanakan pada hari Jumat 04 Desember 2020 melalui whatsApp Group selama 60 menit. Kegiatan ini dimulai dari pelaksana membuka kegiatan sosialisasi dan membagikan link video tutorial penggunaan Aplikasi Marbel pada orang tua siswa.  

Kemundian orang tua siswa diminta untuk menyimak video dan mendownload Aplikasi Marbel, selanjutnya sesi tanya jawab dan penutup. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan Aplikasi Marbel pada orang tua sebagai media yang dapat digunakan mengenalkan huruf permula pada anak dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi aplikasi marbel ini diharapkan dapat membantu mengatasi hambatan yang dialami oleh orang tua dalam membimbing anak. (*)

*Mahasiswi KKNT UPI Purwakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *