Kunjungan ke Kalsel, Jokowi Kebanjiran, Mobil Kepresidenan Harus Terobos Genangan Air

oleh -169 views
mobil-presiden-kebanjiran
Presiden Joko Widodo yang berada di dalam mobil kepresidenan melintasi banjir di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten banjar,Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021). Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S

KALIMANTAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut kebanjiran saat meninjau Desa Pekauman Ulu, Kabupaten banjar, Kalimantan Selatan. Mobil Kepresidenan RI 1 itu pun terlihat menerobos banjir.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau banjir di Martapura, Kalimantan Selatan (Kalsel). Dalam agenda itu, dia melihat dampak bencana banjir di Sungai Martapura di Jembatan Pakauman, pada pukul 13.30 Wita.

“Saya meninjau banjir di Provinsi Kalimantan Selatan, banjir besar yang sudah lebih dari 50 tahun tidak terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Jokowi, dalam keterangan pers di sela peninjauan.

Baca juga: Rekannya Tewas Terbunuh, Siapa Wanita Bertank Top Hitam yang Goyang TikTok Bersama Dwi Farica Lestari

Disampaikan dia, penyebab banjir diantaranya curah hujan yang sangat tinggi. Hampir 10 hari berturut-turut.

Sehingga daya tampung Sungai Barito yang biasanya 320 juta meter kubik, sekarang ini sebesar 2,1 miliar kubik air. Sehingga meluap di 10 kabupaten/kota.

“Saya meninjau ke lokasi, untuk melihat kondisi infrastruktur. Saya sudah minta ke Menteri PU agar jalan tiga empat hari ini bisa diselesaikan, sehingga mobilitas barang tidak terganggu,” tuturnya.

Berkaitan dengan evakuasi, menurut dia, sudah tertangani dengan baik. Hal yang tida kalah penting adalah berkaitan dengan logistik pengungsi, karena hampir 20 ribu masyarakat berada di pengungsian.

“Tiga hal tadi yang penting untuk kita lihat. Sehingga kekurangan yang ada bisa dibantu dari pemerintah pusat. Selain logistik di pemerintah provinsi kabupaten dan kota,” tandasnya. (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *