Info Bencana, Gunung Sinabung Dilaporkan Erupsi

oleh -41 views
367733_03010120012021_gunung_sinabung_repro
Tangkapan layar pada pos pengamatan Gunung Sinabung. (Ist)

BENCANA alam masih terus menghatui bangsa ini. Kali ini, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, dikabarkan mengalami erupsi.

Berdasarkan catatan Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, erupsi terjadi pada Rabu pagi 20 Januari sekitar pukul 05.25 WIB. Namun tinggi abu tidak teramati karena cuaca mendung dan berkabut.

Baca juga: Korban Teriak Minta Tolong, Pelaku Penodongan Berhasil Ditangkap Warga di Beber

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi lebih kurang 3 menit 21 detik,” kata petugas Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra, dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Armen mengimbau agar seluruh masyarakat tetap mewaspadai potensi erupsi lanjutan. Armen mengatakan saat ini Sinabung masih berstatus Level III atau Siaga.

Baca juga: Anak yang Gugat Ayah Kandung Rp3 Miliar Meninggal Sehari Sebelum Persidangan

Karena itu dia meminta masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung. Sementara radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Selain itu, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” kata Armen. (*)

Baca juga: Perang Nagorno-Karabakh, Sebanyak 2.855 Tentara Azerbaijan Tewas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *