Gelombang Ombak Masih Tinggi, Nelayan di Cirebon Masih Enggan Melaut

oleh -95 views
Nelayan-Cirebon-Enggan-Melaut
Nelayan di Desa Suranenggala Kulon hingga kini enggan melaut karena cuaca ekstrem. FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Nelayan di Desa Suranenggala Kulon, Kecamatan Suranenggala, Kabuoaten Cirebon hingga kini enggan melaut. Para nelayan mengaku masih takut karena gelombang ombak di laut masih tinggi.

“Karena di laut ombaknya masih tinggi minimal 1,5 meter dan cuaca masih ekstrem, kami nelayan di Suranenggala Kulon sudah sekitar sebulan nganggur takut melaut,” ujar Tasuro (60) nelayan Desa Suranenggala Kulon, ditemui radarcirebon.com, Sabtu (23/1).

Menurut Tasuro, hanya nelayan pencari kerang hijau yang masih melaut.

“Kalau nelaya yang mencari kerang hijau masih melaut. Sebagian nelayan yang nggak melaut beralih profesi ada yang jadi kuli bangunan dan lain-lain,” katanya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Letkol Laut (P) Afif Yuhardi membenarkan bahwa kondisi ombak di laut Cirebon masih tinggi.

“Kalau kondisi laut di Cirebon sekarang kan sedang musim angin barat, jadi ketinggian ombak sekitar 2 hingga 3 meteran,” ungkapnya.

Danlanal mengimbau para nelayan dan penggiat kelautan lainnya untuk berhati-hati saat berlayar atau melaut.

“Saya imbau agar para penggiat kelautan untuk meningkatkan kehati-hatian dan selalu dan selalu baca ramalan cuaca. Jika cuaca buruk, lebih baik tidak melaut dulu. Dan selalu gunakan jaket pelampung selama melaut. Menurut analisis kami (Lanal Cirebon) kondisi laut Cirebon akan kembali normal diprediksi pada bulan Maret,” tuturnya. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *