Bukan 49 Kasus Aktif, Segini Klarifikasi Jumlah Positif Covid-19 di Kelurahan Kesenden

oleh -474 views
Lurah-Kelurahan-Kesenden
Lurah Kelurahan Kesenden, Ruliyanto. FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Lurah Kelurahan Kesenden Ruliyanto mengatakan bahwa jumlah kasus Covid-19 di wilayahnya tidak sebanyak yang ada di data Dinas Kesehatan.

Pernyataan Riliyanto tersebut menanggapi data tingginya angka kasus positif Covid-19 di Kelurahan Kesenden yang mencapai 49 kasus aktif.

“Setelah saya melakukan kroscek dan koordinasi dengan Kepala Puskesmas Kejaksan yakni dr Eti Dewi Mutiara Subari bahwa data real time yang dalam pemantauan positif Covid-19 di Kelurahan Kesenden berjumlah 10 orang dengan rincian 7 orang isolasi mandiri di rumah dan 3 orang isolasi di hotel,” ujarnya saat ditemui radarcirebon.com di ruang kerjanya, Rabu (27/1).

Baca juga: 22 Kelurahan di Kota Cirebon Seluruhnya Zona Merah, Kasus Covid Terbanyak Masih di Kesenden

Terkait data jumlah 49 kasus Covid-19 tersebut, menurut Ruliyanto, mungkin data jumlah Covid-19 di Kelurahan Kesenden pada website yang dikeluarkan Dinkes Kota Cirebon belum diperbarui.

“Mungkin data yang jumlahnya sampai 49 itu, mungkin data yang diambil oleh Dinkes belum terupdate dari Puskesmas Kejaksan ataupun dalam proses pengiriman data kepada Dinkes yang akan dipublikasikan melalui website,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Puskesmas Kejaksan dr Eti Dewi Mutiara Subari. Dia mengatakan bahwa data yang dikeluarkan oleh DKIS dan dipublikasikan melalui website sudah benar.

“Data kemarin memang data resmi yang dikeluarkan oleh pihak DKIS melalui website Covid-19 Kota Cirebon. Untuk real time pada saat ini di Puskesmas Kejaksan, Alhamdulillah dari data yang ada di website Covid-19 Kota Cirebon itu sebagian sudah negatif hasilnya. Jadi sudah dilakukan swab ulang pada pasien-pasien yang positif dan hasilnya sudah banyak yang negatif,” katanya.

Dijelaskan Eti, saat ini Puskesmas Kejaksan sedang melakukan pemantauan terhadap 10 orang yang terkonfirmasi Covid-19 di Kelurahan Kesenden.

“Tujuh orang dari pasien yang terkonfirmasi itu melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Dan untuk 3 orang lainnya menjalani isolasi di hotel. Jadi total yang terkonfirmasi yang hasilnya positif itu jumlah 10 orang per hari ini (27/1),” jelasnya.

Sementara itu, Radar Cirebon yang mengacu website Covid-19 Kota Cirebon, dijabarkan di statistik rekap data karantina/isolasi wilayah kecamatan dan kelurahan, hingga berita ini dipublikasikan, masih tertulis 49 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 untuk di Kelurahan Kesenden. Tanggal update di website resmi milik Kota Cirebon itu juga masih tertulis Selasa, 26 Januari 2021. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *