Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon Musnahkan Arsip Dinas Kesehatan

oleh -67 views
Dinas-Arsip-Musnahkan-Arsip
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon melakukan pemusnahan arsip milik Dinkes Kota Cirebon, Rabu (27/1). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon melakukan pemusnahan arsip Dinas Kesehatan Kota Cirebon.

Pemusnahan tersebut berlangsung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon, Jl Brigjen Darsono, Kota Cirebon, Rabu (27/1).

Arsip-arsip yang sudah tidak digunakan lagi tersebut dimusnahkan dengan cara menggunakan mesin pencacah kertas dengan mengedepankan kaidah tidak mudah dibaca dan tidak diketahui infomasinya.

“Jadi arsip yang dimusnahkan tersebut merupakan arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna dan telah habis masa retensinya. Pemusnahan ini kita lakukan sesuai dengan aturan,” ujar Kepala Dispusip Kota Cirebon Jaja Sulaeman, Rabu (27/1).

Menurut Jaja, arsip yang dimusnahkan tersebut merupakan arsip lama sekitar tahun 2009 ke bawah.

“Arsip milik Dinkes Kota Cirebon yang kita musnahkan ini sebanyak 168 berkas. Pemusnahan ini juga bertujuan untuk mengurangi beban penyimpanan di setiap SKPD,” ucapnya.

Secara teknis, Jaja menjelaskan, proses pemusnahan arsip melalui beberapa tahapan. Bentuk pemusnahan tidak dibakar.

Berbagai arsip berupa dokumen kertas dan lainnya dimusnahkan dengan cara dicacah menggunakan mesin.

“Ke depannya masing-masing instansi dapat melakukan pemusnahan arsip. Yang terpenting tidak menyalahi aturan dan harus sesuai ketentuan yang ada,” pungkasnya. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *