GeNose Juga akan Tersedia di Stasiun Cirebon

oleh -338 views
genose-stasiun-cirebon
Petugas melakukan pemeriksaan tiket sebelum keberangkatan calon penumpang kereta api.

CIREBON – Tes Covid 19 melalui hembusan napas segera hadir di Stasiun Cirebon. Hasilnya dapat diketahui dalam 80 detik. Alat itu bernama: GeNose.

GeNose dikembangkan oleh peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta. Telah mengantongi izin edar Kementerian Kesehatan RI dan telah masuk sebagai salah satu syarat perjalanan naik kereta api (KA).

Baca Juga: Perahu Nelayan BRS Utama Pantura dengan 14 ABK Terbalik di Perairan Cirebon, 1 Orang Hilang

Sesuai surat edaran Kementerian Perhubungan RI No 11 tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Teknisnya, calon penumpang nantinya cukup menghembuskan napas melalui mulut ke dalam wadah layaknya kantong plastik seukuran kantong infus.

Baca Juga: Versi Cirebon, Serunya Ibu-ibu Bahas Ikatan Cinta

Kemudian diperiksa menggunakan alat yang dikoneksikan dengan kantong tersebut. Dalam situs resmi UGM, hasil pemeriksaan dapat diketahui dalam waktu 80 detik.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi pernah mengatakan, pelaku perjalanan hanya perlu merogoh kocek Rp20 ribu untuk satu kali tes GeNose.

Baca Juga: Buka Sitik Jos, Kuningan Duluan Suntik Vaksin Covid-19 Hari Ini

SE Kemenhub 11/2021 itu tak hanya mensyaratkan GeNose sebagai pelengkap administrasi perjalanan. Rapid test antigen dan RT PCR juga diperbolehkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *