Pergeseran Tanah di Cibalong, Rumah dan Gedung Sekolah Rusak

oleh -36 views
Bangunan rumah warga dan SD di Kampung Babakan Jeruk Desa Singajaya Kecamatan Cibalong retak akibat pergeseran tanah.

CIBALONG – Pergeseran tanah melanda Kampung Babakan Jeruk Desa Singajaya, Kecamatan Cibalong, Tasikmalaya, Senin (8/2). Dampaknya, bangunan sekolah dasar (SD), jalan dan rumah warga rusak.

Ketua Forum Komunikasi (FK) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya menjelaskan, pergeseran tanah ini menyebabkan tiga rumah warga retak dan merusak empat ruang kelas SDN Babakan Jeruk dan ruas jalan penghubung antar kecamatan.

Pergeseran tanah dipicu intensitas hujan sedang dan tinggi yang mengguyur wilayah tersebut. “Termasuk merusak empat kolam ikan milik warga,” ujarnya dilansir radartasikmalaya.com .

Kerusakan akibat pergeseran tanah ini, secara kasat mata terlihat di beberapa bangunan rumah warga.

“Hasil pantauan Tagana, ada retakan baik di rumah warga, kebun dan kolam. Kita sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak termasuk Dinas Pendidikan dan Dinas DPU-TRPP,” tambahnya.

Baca juga:

Pengguna Tol Cipali Hati-hati, Ada Retakan Tanah di Km 122

Dua Korban Banjir Indramayu Meninggal

Saat ini warga yang rumahnya dalam kondisi rusak diungsikan ke saudara yang jauh dari lokasi bencana.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin menambahkan, Kecamatan Cibalong termasuk wilayah yang rawan pergeseran tanah dan longsor. Karena wilayah tersebut berbukit-bukit dan permukaan tanahnya labil.