Di Indonesia 1,2 Juta Nakes Telah Divaksinasi

oleh -26 views
SCREENING: Petugas melakukan screening terhadap tenaga kesehatan, yang akan divaksinasi dipastikan harus dalam kondisi fit, tensi darah normal dan tidak mempunyai penyakit bawaan atau komordib.FOTO:Dokumen

JAKARTA – Hampir 1,2 juta tenaga kesehatan di Indonesia (Nakes) atau tepatnya 1.191.031 orang yang telah divaksinasi COVID-19. Ini setelah pada Jumat (19/2) ada tambahan 26.887 orang.

“Sebanyak 668.914 orang dari total 1.191.031 tenaga kesehatan yang divaksin telah mendapatkan dosis kedua. Jumlah tersebut bertambah 57.047 orang,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Jumat (19/2).

Pemerintah menargetkan vaksinasi tenaga kesehatan di Tanah Air terhadap total 1.468.764 orang. Sementara total sasaran vaksinasi adalah 181.554.465 jiwa dari seluruh penduduk Indonesia. Artinya sekitar 70 persen dari total populasi untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

Program vaksinasi tahap pertama menyasar tenaga medis, kemudian akan menyusul dilakukannya vaksinasi COVID-19 terhadap petugas layanan publik dan lansia.

Program vaksinasi tahap kedua yang menyasar petugas pelayanan publik dan kelompok lanjut usia (lansia) telah dimulai sejak 17 Februari lalu di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat. “Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua akan menyasar 38.513.446 orang. Terdiri dari 21 juta lebih untuk lansia dan sisanya petugas pelayanan publik,” imbuhnya.

Dalam program vaksinasi COVID-19 tahap kedua, kelompok yang diprioritaskan adalah lansia, pedagang pasar serta tenaga pendidik. Seperti guru dan dosen. Juga tokoh agama atau penyuluh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, ASN, aparat keamanan, pekerja pariwisata, pekerja pelayanan publik, pekerja transportasi publik, atlet, serta wartawan dan pekerja media.

“Kelompok masyarakat yang termasuk pada tahap kedua program vaksinasi tersebut merupakan orang-orang yang memiliki interaksi serta mobilitas tinggi. Selain itu, rentan terpapar COVID-19. Karena itu, disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) menjadi kunci,” tandas Nadia. (rh/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *