Kota Cirebon Bakal Jadi Tuan Rumah Porda 2022, Ini Targetnya

oleh -360 views
Ketua-KONI-Kota-Cirebon
Ketua KONI Kota Cirebon Wati Musilawati ditemui radarcirebon.com di Sport Hall Bima, Kota Cirebon, Sabtu (20/2). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Kota Cirebon bakal menjadi salah satu kota tuan rumah pelaksanaan Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jawa Barat tahun 2022.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KONI Kota Cirebon Wati Musilawati ditemui radarcirebon.com di Sport Hall Bima, Kota Cirebon, Sabtu (20/2).

Awalnya ada tiga kota yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Porda Jawa Barat yakni Tasikmalaya, Subang, dan Bandung. Namun, ada perubahan karena Tasikmalaya mengundurkan diri. Sehingga ada daerah-daerah penyangga untuk bisa melaksanakan Porda, termasuk Kota Cirebon.

“Kita (Kota Cirebon) dipilih untuk menjadi alternatif tuan rumah untuk 6 cabang olahraga,” ungkapnya.

Dijelaskan Wati, keenam cabang olahraga tersebut yakni bulutangkis, soft ball, base ball, tenis lapang, tarung drajat dan panahan.

“Selain keenam cabor itu, kami juga sedang mengajukan tambahan cabor untuk Porda ini adalah basketball, vollyball, bela diri Muangthai, dan tenis meja,” jelasnya.

Wati menuturkan, Sekda Kota Cirebon berharap Porda Jawa Barat 2022 dapat dilaksanakan di Kota Cirebon.

“Tadi Pak Sekda berharap Porda Jabar ini bisa diselenggarakan di Kota Cirebon karena untuk menumbuhkan ekonomi. Dengan hadirnya para tamu tentunya hunian hotel jadi banyak, wisata kuliner jadi tumbuh dan pariwisata bisa kita kembangkan. Namun, KONI Kota Cirebon tidak melupakan tugasnya memberikan prestasi,” tuturnya.

Masih kata Wati, KONI Kota Cirebon menargetkan posisi Kota Cirebon bisa tetap di 10 besar.

“Di masa pandemi Covid-19 ini target kami tidak muluk-muluk. Yang penting bisa mempertahankan raihan medali yang kemarin. Sehingga kita tetap di posisi 10 besar. Ya semoga yang dulu banyak meraih medali perak bisa meraih medali emas. Otomatis nanti posisi Kota Cirebon akan meningkat. Untuk tenis meja menargetkan minimal sebanyak dua emas,” katanya.

Ditambahkan Wati, banyak cabang olahraga unggulan Kota Cirebon yang selalu menyumbang medali emas.

“Cabor unggulan itu yakni gulat, karate, tinju, bela diri Muangthai, taekwondo itu adalah cabor yang selalu menyumbang medali emas. Ada juga cabor yang menyumbang medali emas yaitu dansa, drumband dan silat. Kemudian ada cabor yang baru berdiri sudah memberikan emas yakni cabor aeromodelling, sepatu roda, bowling, selam, dan getball sejenis golf tapi lapangannya kecil,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi berharap Kota Cirebon dapat meraih medali emas lebih banyak.

“Porda Jabar 2022 Kota Cirebon bisa banyak meraih medali emas. Prestasi sebelumnya dengan raihan 18 medali emas dan poaisi 10 besar harusnya bisa diraih kembali,” ujarnya. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *