Kreativitas Anak ITB Siap Gebrak Kota Cirebon

oleh -202 views

APA yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “Pendidikan”? Apakah hanya tentang “belajar” atau “sekolah”?Pendidikan tidak hanya sebatas belajar atau sekolah, tetapi juga membahas tentang proses mendewasakan manusia melalui berbagai upaya pengajaran dan pelatihan.

Oleh karena itu, pendidikan menjadi salah satu aspek esensial dalam kehidupan. Setiap negara berlomba-lomba mencari sistem pendidikan terbaik untuk menghindari negaranya dilanda kebodohan.

Sayangnya, kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah meski telah mewajibkan dua belas tahun pendidikan formal. Pendidikan masih dianggap remeh bagi segelintir masyarakat Indonesia, padahal pendidikan yang berkualitas menawarkan banyak pilihan hidup yang berkualitas pula. 

Berbicara tentang pendidikan, kalian tentu mengenal pendidikan menengah, tapi selain pendidikan menengah juga terdapat pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah dan dalam era persaingan di bidang Iptek dan SDM seperti sekarang ini.

Berbeda dengan jenjang pendidikan menengah, peserta didik yang sedang menempuh pendidikan tinggi disebut sebagai mahasiswa. 

Pendidikan tinggi penting bukan hanya karena bertambahnya gelar dan untuk mencari pekerjaan, melainkan juga untuk menguasai suatu bidang yang kelak berguna bagi pembangunan bangsa. Kegiatan di pendidikan tinggi juga bukan hanya tentang akademik, melainkan juga nonakademik.

Kegiatan kemahasiswaan yang hanya ada pada pendidikan tinggi memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berkembang. Kreativitas yang selalu diasah hingga saling bertukar pikiran serta sudut pandang yang seringkali berbeda membuat mahasiswa menjadi “kaya”.

Pendidikan tinggi terbagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan pengelolaannya, perguruan tinggi dibagi menjadi PTN (Perguruan Tinggi Negeri), dan juga PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Sementara berdasarkan bentuknya, perguruan tinggi dapat dibagi menjadi Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi.

Biasanya, universitas lebih luas rumpunnya dibanding institut dan sekolah tinggi yang lebih terfokuskan. Politeknik memiliki tujuan untuk menyiapkan mahasiswa yang terampil, sedangkan akademi merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan pada cabang ilmu tertentu.

Awal kelas 12 merupakan saat ramai siswa yang mencari informasi mengenai jalur seleksi perguruan tinggi, sejak tahun 2013 terdapat tiga jalur masuk perguruan tinggi yaitu; SNMPTN adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, dan dilaksanakan melalui jalur penjaringan prestasi akademis.

SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional, Seleksi Mandiri PTN merupakan penerimaan mahasiswa baru di suatu PTN yang diadakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi, di luar SNMPTN dan SBMPTN.

Contohnya ITB, UI atau UGM. Informasi mengenai SNMPTN dan SBMPTN dapat diakses melalui portal ltmpt.ac.id, sedangkan untuk informasi  seleksi mandiri bisa didapatkan melalui laman resmi perguruan tinggi masing-masing.

Pada  tahun 2021 ini ITB membuka 3 jalur masuk yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri, adapun kuota masing masing jalur seleksi adalah SNMPTN 36%, SBMPTN: 34%, dan SM-ITB: 30%.

Selain ketiga jalur tersebut ada Jalur afirmasi yang merupakan jalur yang disediakan untuk siswa yang menerima program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah informasi terkait dapat dilihat di laman resmi lembaga terkait seperti adik.kemdikbud.go.id

Biaya kuliah terkadang menjadi salah satu permasalahan bagi para calon mahasiswa/i yang akan mendaftarkan dirinya menuju pendidikan tinggi. Namun beasiswa hadir sebagai solusi yang bisa memberi beberapa manfaat kepada penerimanya, seperti keringanan biaya kuliah, mendapatkan uang tunjangan, bahkan bisa mendapatkan relasi sesama penerima beasiswa.

Banyak sekali jenis beasiswa yang diberikan dari berbagai macam pihak, contohnya seperti beasiswa Bidikmisi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dan berfokus kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik yang baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Lalu ada beasiswa Jabar Future Leader Scholarship (JFLS), yaitu beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan berfokus kepada mahasiswa yang berasal dari Jawa Barat dan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat dilihat di laman: https://beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id/. Beasiswa JFLS ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu kategori prestasi akademik dan non-akademik.

ITB adalah suatu institusi pendidikan yang terus berfokus dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Sebagai bukti konkret, ITB mendirikan dan membuka kampus baru yang diawali dengan pengesahan ITB Kampus Jatinangor pada tahun 2013.

Selanjutnya, karena adanya kepentingan dan desakan untuk mengembangkan ITB lebih lanjut, dan juga untuk menampung minat dan jumlah mahasiswa yang sudah tidak lagi tercukupi di ITB Kampus Ganesha, ITB mendirikan dan mengesahkan Kampus Cirebon pada tahun 2016.

Pendirian tersebut juga merupakan bentuk pengembangan dan pemerataan pendidikan oleh ITB bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

ITB Kampus Cirebon pada awalnya didirikan dengan tiga fakultas dan tiga jurusan diantaranya, Fakultas Teknik Industri dengan prodi Teknik Industri, Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan dengan prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan prodi Kriya.

Namun  atas permintaan pemerintah kabupaten cirebon untuk menambah beberapa prodi yang mendukung pengembangan  lingkungan Jawa Barat utara khususnya Ciayumajakuning dibentuk kembali beberapa fakultas yang kiranya memiliki lapangan kerja di wilayah tersebut.

Di antaranya Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan prodi Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan selain itu Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian dengan prodi Oseanografi. Ke depannya ITB Kampus Cirebon sebagai multikampus akan menambah program studi hingga total 22 Program studi selama 30 tahun kedepan. 

Pendidikan termasuk pendidikan tinggi menjadi penting untuk mengusahakan upaya Indonesia Emas 2045. Upaya tersebut diharapkan dapat menjamin kualitas sumber daya manusia dengan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia guna membangun generasi emas penerus bangsa.

Salah satu gerakan mahasiswa ITB untuk ikut andil dalam menyebarkan informasi dan semangat pendidikan tinggi adalah terselenggaranya acara Aku Masuk ITB 2021. Aku Masuk ITB 2021 atau AMI 2021 merupakan rangkaian acara yang bertujuan untuk menyebarkan semangat pendidikan tinggi.

AMI 2021 terdiri dari main event dan pre-event seperti Cerita Inspiratif, Lomba, Roadshow, TONAMPTN dan ITB Day yang dikemas secara virtual. Seluruh rangkaian ditujukan untuk memperkenalkan pentingnya pendidikan tinggi dan ITB ke masyarakat khususnya siswa/i SMA di Indonesia. Ingin tahu ITB lebih lanjut? Kunjungi website akumasukitb.com dan social media AMI 2021 instragram.com/akumasukitb dan linktr.ee/akumasukitb. (adv)

Oleh: Tim Bidang Materi dan Metode Aku Masuk ITB 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *