Duh!!! Jumlah Warga Miskin Kota Cirebon Naik, Sekarang 30 Ribu

oleh -285 views
angka-kemiskinan-kota-cirebon-2020

Selain harus mampu memperkecil jumlah penduduk miskin, kebijakan penanggulangan kemiskinan juga sekaligus harus bisa mengurangi tingkat kedalaman dan keparahan dari kemiskinan.

Indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kedalaman dan keparahan kemiskinan adalah Indeks Kedalaman Kemiskinan atau Poverty Gap Index (P1) dan Indeks Keparahan Kemiskinan atau Poverity Severity Index (P2) yang dirumuskan oleh Foster-Greer-Thorbec (FGT).

P1 merupakan ukuran rata-rata kesenjangan pengeluaran masing-masing penduduk miskin terhadap garis kemiskinan.

Angka P1 yang semakin mendekati 0, menunjukkan rata-rata pengeluaran penduduk miskin semakin mendekati garis kemiskinan.

P2 memberikan gambaran penyebaran pengeluaran di antara penduduk miskin. Angka P2 yang semakin mendekati 0 menunjukkan ketimpangan pengeluaran penduduk miskin secara umum semakin kecil.

Pada periode 2019–2020, Indeks Kedalaman Kemiskinan (P1) dan Indeks Keparahan Kemiskinan (P2) mengalami kenaikan.

Indeks Kedalaman Kemiskinan naik dari 1,23 pada tahun 2019 menjadi 1,68 pada tahun 2020. Demikian pula Indeks Keparahan Kemiskinan naik dari 0,26 (tahun 2019) menjadi 0,40 (tahun 2020).

Kenaikan nilai indeks ini mengindikasikan bahwa rata-rata pengeluaran penduduk miskin cenderung semakin jauh dari Garis Kemiskinan dan ketimpangan pengeluaran penduduk miskin juga semakin besar. (awr)

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *