Atalia Dorong Pramuka Atasi Ancaman Krisis Pangan

oleh -61 views
TEBAR BENIH IKAN: Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya yang juga istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil menebar benih ikan di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, kemarin. FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON – Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya meminta Pramuka untuk ikut serta dalam upaya antisipasi krisis. Salah satunya melalui program gembira.

Program gembira menurut Atalia adalah gerakan menanam padi bersama insan pramuka.

Cara ini menurutnya akan menjadi salah satu modal untuk mencagah potensi krisis pangan yang terjadi di Jawa Barat.

“Masalah pangan adalah masalah yang krusial. Kita tidak ingin krisis pangan terjadi di Jawa Barat. Kita upayakan anak-anak melakukan penanaman, salah satunya dengan media polibag,” ujarnya.

Menurutnya, di tengah pandemi, pramuka harus bisa beradaptasi. Pramuka sambung dia harus melakukan sejumlah penyesuaian agar tetap eksis dan punya kontribusi meskipun kondisi pandemi Covid-19.

“Meskipun nanti dari rumah, tapi anak-anak tetap harus bisa berkegiatan, harus bisa bradaptasi dengan situasi pandemi yang ada,” imbuhnya.

Dalam kunjungannya ke Cirebon, Atalia juga akan melakukan penanaman 1000 pohon mangrove dan menebar 50.000 benih ikan di wilayah Kecamatan Gunung Jati.

Ia juga mengunjungi komunitas literasi di Kabupaten Cirebon, menyerahkan bantuan rutilahu dan membagikan masker di Pasar Celancang.

Sementara itu, Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg, mengatakan, Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan kaum muda yang berperan sebagai pemicu, pengemong dan pemberi semangat anak muda dalam pengembangan jatidiri dan karakter positif.

Imron berharap, kepengurusan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab), dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Kabupaten Cirebon masa bakti 2020-2025 akan menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan pendidikan karakter bagi kaum muda Kabupaten Cirebon.

“Dengan sentuhan Gerakan Pramuka, mudah-mudahan generasi muda Kabupaten Cirebon berkarakter baik. Karena dengan peningkatan karakter kaum muda lebih baik akan membawa calon pemimpin yang baik di masa masa mendatang,” kata Imron. (dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *