Corona Ulang Tahun, Hari Ini Tepat Setahun Pandemi di Indonesia

oleh -1.019 views
presiden-jokowi-umumkan-kasus-corona-pertama-di-indonesia
Foto dokumen saat Presiden Jokowi mengumumkan kasus corona pertama di Indonesia, 2 Maret 2021. Foto: Setkab

Corona alias covid 19 ulang tahun. Tepat tanggal 2 Maret 2020. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Indonesia positif terjangkit covid 19. Berapa jumlahnya? Baru dua orang.

HARI itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona yakni perempuan berusia 31 tahun dan ibu berusia 64 tahun.

Kasus pertama tersebut diduga berawal dari pertemuan perempuan 31 tahun itu dengan WN Jepang yang masuk ke wilayah Indonesia. Pertemuan terjadi di sebuah klub dansa di Jakarta pada 14 Februari.

Jargon Indonesia ‘kebal’ Corona pun patah. Saat itu setidaknya sudah ada 50 negara yang sudah mengkonfirmasi memiliki kasus COVID-19.

Wabah virus Corona ini bermula dari Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada Desember 2019. Wabah ini mengalami fase puncaknya pada Januari 2020.

Baca juga: Geng Motor Berulah di Kota Cirebon, Kapolres: Nggak Ada Ampun

Sejumlah negara di Asia Tenggara atau anggota ASEAN lantas mulai melaporkan kasus pertama Corona. Kasus pertama yang dilaporkan ini ialah kasus impor dari Wuhan.

Namun muncul dugaan bahwa 2 kasus itu bukan kasus pertama. Tim pakar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) memprediksi virus Corona telah masuk ke Indonesia sejak minggu ke-3 Januari 2020.

Prediksi itu berdasarkan pada laporan kasus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di salah satu daerah sejak minggu ke-3 Januari 2020.

Laporan ODP ini dinilai sebagai bukti telah terjadi penularan Corona secara lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *