Di Mundu Ada Makam Putra Sunan Gunung Jati dan Sekretaris Cheng Ho

oleh -3.318 views
makam-pangeran-bratakelana-anak-sunan-gunung-jati-di-mundu
Makam Pangeran Bratakelana di Desa Mundu Mesigit, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Foto: Deny Hamdani/Radar Cirebon

CIREBON – Tak banyak yang mengetahui peninggalan sejarah satu ini. Tempatnya di Desa Mundu Mesigit, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Ada makam istri dan anak Sunan Gunung Jati.

Filolog Cirebon, R Opan Safari Hasyim mengungkapkan, makam di Mundu tersebut adalah milik Pangeran Bratakelana anak Sunan Gunung Jati, Syarifah Quriasin yang merupakan istri dari Irak.

Sementara satu makam lainnya adalah Ma Hwan, yang merupakan asisten sekaligus penulis catatan perjalanan Cheng Ho di Nusantara. Termasuk saat singgah di Cirebon.

Terkait ketiga makam tersebut memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Cirebon telah membentuk tim ahli cagar budaya. Mereka ditugaskan untuk meneliti dan menggali yang diduga cagar budaya.

Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon, H Hartono mengatakan, di Kabupaten Cirebon terdapat ratusan benda yang diduga cagar budaya.

Sementara baru tujuh lokasi yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya. “Baru tujuh lokasi yang sudah ditetapkan tim ahli cagar budaya dari kementerian karena waktu itu kami belum punyai tim ahli cagar budaya,” tuturnya.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *