Kunjungi Ponpes Tarbiyatul Banin Kaliwadas, Wagub Uu: Islam di Jawa Barat Berasal dari Cirebon

oleh -180 views
Wagub-Jabar-Kunjungi-Ponpes-Tarbiyatul-Banin
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat mengunjungi Pesantren Tarbiyatul Banin di Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (2/3). FOTO: IST

CIREBON – Islam di Jawa Barat berasal dari Cirebon. Sebab, Cirebon merupakan wilayah yang bersejarah dengan peradaban Islamnya.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat mengunjungi Pesantren Tarbiyatul Banin di Kelurahan Kaliwadas Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Selasa (2/3).

“Islam yang ada di Sukabumi, Tasik, Bandung dan wilayah Jabar semua Islamnya berasal dari Cirebon. Selama ini pesantren sudah banyak membantu pemerintah. Kontribusi pesantren tidak diragukan lagi dengan ikut membantu pembagunan negeri di berbagai sektor. Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin ini sudah beberapa ribu alumninya baik keluaran SLTA maupun perguruan tinggi yang mampu memahami ilmu agama. Yang luar biasanya lagi mereka ikut berkontribusi kepada bangsa dan negara,” ungkapnya

Uu menyebutkan, saat ini bangsa Indonesia sangat membutuhkan orang yang memahami ilmu agama.

“Hari ini sudah sangat terasa, sudah jarang orang hidup di pesantren. Dulu orang dari pesantren pergi bekerja keluar pesantren dan pulang ke pesantren lagi. Artinya, santri-santri ini manusia yang sangat berharga. Mereka menjadi intan-intan Jawa Barat yang akan menjadi penerang masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Tarbiyatul Banin KH Abdul Mujib mengaku kaget pesantrennya dikunjungi wakil gubernur Jawa Barat.

“Saya sebenarnya kaget kedatangan Pak Wagub Uu ke pesantren. Tetapi kami sudah biasa kalau di pesantren ada tamu dadakan datang. Kunjungan Wagub Jabar ini bisa memberikan suatu perubahan di Pesantren Tabiyatul Banin ini,” ujarnya.

Dijelaskan Kiai Abdul Mujib, Ponpes Tabiyatul Banin sudah berdiri sejak tahun 1989 yang asal muasal dulu dari Sedayu Gresik. Bahkan, sangat banyak santri dan utusan wali santri meminta izin untuk mendirikan pesantren di Cirebon.

“Alhamdulillah setelah sekian puluh tahun pesantren ini berdiri, sudah ada sekolah di dalamnya mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi yang ada di Pesantren Tarbiyatul Banin,” jelasnya. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *