Langkah Pemerintah Cegah Corona Masuk Indonesia, Sebut-sebut Kertajati

oleh -209 views
evakuasi-wni-bandara-kertajati
Menko PMK didampingi Menkes, Menhub, dan Kepala BNPB saat meninjau kesiapan Bandara Kertajati, Minggu (1/3). (Foto: Kemenko PMK)

JAKARTA – Satu tahun virus corona masuk ke di Indonesia. Sejak pemerintah mengumumkan kasus pertama pada tanggal 2 Maret 2020.

Dalam pencegahan covid-19 masuk ke Indonesia, pemerintah mengklaim telah melakukan sejumlah langkah serius. Termasuk evakuasi WNI dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Pada jumpa pers di Istana ketika itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Pemerintah sangat serius dan ketat mengikuti protokol kesehatan dari World Health Organizations (WHO).

”Ketika ada kasus di Wuhan, di Hubei, di Tiongkok, kita juga mempersiapkan mengevakuasi 238 warga negara Indonesia (WNI) kita. Kita evakuasi juga dengan prosedur protokol yang ketat ke Natuna. Setelah 14 hari, kita cek/observasi hasilnya negatif dan kemudian kita kembalikan kepada masyarakat,” ujar Presiden Jokowi, Senin (2/3/2020).

Lebih lanjut, Presiden juga menjelaskan pelaksanaan evakuasi kedua bagi WNI Anak Buah Kapal (ABK) World Dream sejumlah 188 orang yang berada di dekat Batam dengan prosedur protokol kesehatan ketat dan dibawa ke Pulau Sebaru, di Kepulauan Seribu.

”Ini masih di sana. Kita observasi dan setiap hari selalu kita cek yang berkaitan dengan kesehatan,” kata Presiden.

Terakhir, lanjut Presiden, tadi malam ada 69 orang kru Kapal Diamond Princess yang juga dievakuasi dengan protokol yang ketat, dan dibawa ke Pulau Sebaru lewat Airport Kertajati di Provinsi Jawa Barat.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *