Rangkaian Pelayaran KRI Dewaruci, TNI AL Bagikan Sembako dan Penanaman Mangrove di Indramayu

oleh -331 views
TNI-AL-Penanaman-Mangrove-Karangsong
TNI AL melakukan penanaman pohon Mangrove dalam rangka rangkaian giat Pelayaran kebaharian tahun 2021 di Desa Karangsong Kabupaten Indramayu. FOTO: TNI AL FOR RADARCIREBON.COM

INDRAMAYU – Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon bersama Mabes TNI AL membagikan paket sembako dan penanaman Mangrove di Kampung Bahari, Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu, Selasa (2/3). Giat itu masih dalam rangka rangkain Pelayaran Kebaharian KRI Dewaruci TNI AL tahun 2021.

Sekdispomar TNI AL Kolonel Laut (P) OC Budi Susanto mengatakan, program Kampung Bahari yang perlu dibuat yaitu rumah cinta. Dengan tujuan untuk membina istri para nelayan agar apabila ditinggal suami melaut dapat berperan dalam membantu ekonomi keluarga.

“Kampung Bahari Nusantara ini sudah kami canangkan di seluruh kampung pesisir pantai se-Indonesia agar masyarakat maritim merasa tergugah dengan potensi yang ada di sekitarnya. Kami juga mencanangkan rumah Pintar di kampung Bahari Nusantara. Sehingga dapat menganggkat masyarakat yang tidak mampu dapat terus belajar dan menimba ilmu baik formal maupun nonformal,” kata perwira melati tiga ini didampingi Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera.

Kolonel Laut (P) OC Budi Susanto menyebutkan, di Karangsong Kabupaten Indramayu banyak potensi yang perlu diolah karena banyak sekali potensi seperti Pariwisata, perikanan dan lainnya. Sehingga kalau diolah akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar itu sendiri.

“Saya minta kepada Danlanal Cirebon dan Pemkab Indramayu bekerjasama untuk membangun Desa Karangsong menjadi Desa percontohan.Ke depan, di Desa pesisir akan di tempatkan Babinpotmar untuk memajukan desa pesisir pantai,” sebutnya.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu Aep Surahman mengungkapkan, masih melakukan penataan seperti di Desa Karangsong dan melaksanakan revitalisasi kolam serta area kolam Dok sehingga kapal yang besar dapat masuk ke TPI Karangsong.

“Indramayu merupakan daerah tempat edukasi wisata hutan mangrove, kami sudah bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan juga pihak akademisi untuk mengembangkan dan memanfaatkan hutan mangrove untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami juga mempunyai pulau biawak yang perlu di kembangkan karena mempunyai potensi yang besar di bidang kemaritiman,” ungkapnya yang mewakili Bupati Indramayu.

Pembagian paket sembako tersebut, TNI AL membagikan sebanyak 100 paket sembako kepada warga tidak mampu di Kampung Bahari Nusantara Desa Karangsong Kabupaten Indramayu.

Usai pembagian sembako, dilanjutkan penanaman pohon Mangrove dalam rangka rangkaian giat Pelayaran kebaharian tahun 2021. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *