Mendikbud: Subsidi Kuota Internet 2021 Cair

oleh -284 views
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Instagram

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memberikan subsidi kuota internet kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Kuota pendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini akan berjalan selama tiga bulan, yakni Maret, April, dan Mei 2021.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, bantuan kuota internet ini akan mulai disalurkan pada 11 – 15 Maret 2021. Kuota internet bakal berlaku selama 30 hari sejak kuota gratis diterima.

“Kami lanjutkan kebijakan bantuan kuota gratis selama tiga bulan, sejak Maret 2021, dengan fleksibilitas penggunaan yang maksimal,” kata Nadiem, dalam peluncuran bantuan kuota subsidi secara daring, Senin (1/3/2021).

“Bantuan ini disalurkan setiap bulannya dari tanggal 11 sampai 15 tiap bulannya, jadinya untuk yang pertama itu akan bulan ini,” imbuhnya.

Nadiem menjelaskan, bahwa skema subsidi kuota internet bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen pada 2021 diubah. Kemendikbud tak lagi memecah kuota belajar dengan kuota umum. Artinya, pada tahun ini, kuota belajar dihapuskan dan hanya tersisa kuota umum yang akan diberikan.

“Berdasarkan masukan masyarakat, keseluruhan bantuan kuota data internet di tahun 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo serta daftar pengecualian yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbud: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.,” terangnya.

Nadiem menyebut, diantara kuota subsidi pemerintah yang tak bisa dipakai mengakses yakni laman Facebook, Instagram, dan TikTok. Data internet juga tak bisa digunakan membuka aplikasi bermain dan situs yang diblokir Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *