Mendikbud: Subsidi Kuota Internet 2021 Cair

oleh -225 views
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Instagram

Sedangkan mereka yang berganti nomor, lanjut Nadiem, akan tetap menerima bantuan subsidi kuota internet. Dengan syarat, penerima harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan. Penyaluran kuota baru akan dilakukan pada April 2021.

“Calon penerima perlu melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021 untuk mendapatkan bantuan kuota. Jadi pastikan untuk mengisi data dan berkoordinasi dengan pimpinan sekolah,” jelasnya.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam menambahkan, bahwa mekanisme kuota internet nanti akan berbeda dari tahun lalu. Pemerintah hanya akan menyediakan kuota utama saja, tidak ada kuota belajar.

“Kuota utama merujuk pada kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses seluruh platform internet. Tahun lalu, selain kuota umum, Kemendikbud juga menyediakan kuota belajar,” kata Nizam.

Sedangkan kuota belajar, kata Nizam, hanya bisa digunakan untuk mengakses situs dan aplikasi tertentu penunjang PJJ, seperti situs web kampus, aplikasi belajar, dan platform video konferensi.

Sementara itu, terkait menurunya kuota belajar yang diberikan Kemendikbud pada tahun ini, kata Nizam, salah satu pertimbangannya karena pada semester lalu, pemakaian kuota umum lebih banyak ketimbang kuota belajar.

“Karena pembelajaran juga banyak mengakses bahan belajar dari Internet dan platform-platform umum,” pungkasnya. (der/fin)