Ibu Kerudung Merah Juga Tertangkap CCTV Jl Cipto, Akhirnya Begini

oleh -1.365 views
atcs-dishub-kota-cirebon
Tangkapan layar CCTV ATCS Dishub Kota Cirebon.

CIREBON – Pelanggaran lalu lintas khususnya tidak menggunakan helm kini terpantau CCTV dari ATCS Dinas Perhubungan (Dishub), Kota Cirebon. Salah satunya di simpang Pusdiklatpri.

“Selamat siang, selamat datang di simpang Diklatpri,” demikian petugas ATCS menyapa dari pengeras suara.

Dia kemudian memberikan imbauan kepada pengguna sepeda motor yang membonceng penumpang tanpa helm. “Himbauan kepada pengendara Vario di depan yang membonceng penumpang tidak pakai helm silakan turun dan menggunakan angkutan umum,” katanya.

Mulanya, imbauan ini tak digubris. Nampak pengendara dan ibu-ibu yang dibonceng tetap di tempatnya. Lantas, imbauan kembali disampaikan dan mereka langsung bereaksi.

“Ibu kerudung merah yang dibonceng tidak menggunakan helm silakan untuk turun ibu, punten demi keselamatan anda,” kata petugas, kembali mengingatkan.

Mendengar teguran kedua kalinya, ibu-ibu berkerudung merah itu akhirnya turun dari sepeda motor yang memboncengnya. Dia lantas menepi ke tikungan yang mengarah ke Jl Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon. “Terima kasih, lain kali dipakai helm-nya ya,” kata petugas tersebut.

Seperti diketahui, Dishub Kota Cirebon telah memiliki Area Traffic Control System (ATCS). Perangkat ini mampu mendeteksi pelanggaran lalu lintas, khususnya di lokasi yang terpasang CCTV.

Saat ini, sedikitnya terdapat 16 perangkat kamera pemantau yang terpasang di beberapa lampu merah di Kota Cirebon. Diantaranya simpang Pusdiklatpri Jl Cipto Mangukusumo, Samsat Jl Pemuda, Lampu Merah Sunyaragi, Lampu Merah Gunungsari, Lampu Merah Kejaksan dan lokasi lainnya.

Lewat ATCS ini, petugas dishub dapat melakukan pengaturan dan rekayasa lalu lintas bila terjadi kepadatan. Juga mengimbau pengendara untuk menaati peraturan lalu lintas. (yud)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *