Wow… Komodo “Diklaim” Peneliti Berasal dari Australia

oleh -194 views
komodo-berasal-dari-australia
Komodo atau Varanus Komodoensis. Foto: Shutterstock

PENELITI Australian National University menyebut komodo berasal dari Negara Australia. Reptil dari Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini diklaim negeri Kanguru meski disebutkan di daerah asalnya sudah punah.

Penulis utama studi, Carlos Pavón Vázquez menerangkan, di Australia terdapat biawak pasir yang merupakan spesies kadal yang berbeda—nenek moyang dari biawak pasir adalah sejenis goanna.

Biawak pasir hanya ditemukan di Australia dan selatan Papua Nugini, sedangkan komodo hanya ditemukan di beberapa pulau di Indonesia.

Agar mereka bisa kawin, mereka pasti pernah hidup bersama beberapa waktu lalu. Ini adalah bukti jelas pertama dari jenis kawin silang, yang dikenal sebagai hibridisasi, dan terjadi pada biawak liar.

Berdasarkan teori itu, komodo berasal dari Australia dan kemudian menyeberang ke Indonesia sebelum punah di tempat asalnya.

Disebutkan bahwa fakta itu didukung bukti fosil di Queensland. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Systematic Biology.

Pavón Vázquez menerangkan semakin banyak yang diketahui tentang biologi komodo, maka akan semakin baik juga untuk melindunginya dari ancaman di masa depan. (yud)

Baca juga: