Batu Mirip Gunung Ciremai Ditemukan di Jalaksana

oleh -35.111 views
batu-mirip-gunung-ciremai-sadamantra-jalaksana-kuningan
Batu menyerupai gapura di Desa Sadamantra, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Foto: Pemdes Sadamantra/Radar Cirebon

KUNINGAN – Desa Sadamantra, Kecamatan Jalaksana menyimpan peninggalan pra sejarah. Salah satunya batu yang mirip Gunung Ciremai.

Di lokasi tersebut juga ada batu tersebut berdiri tegak seperti gerbang pintu masuk dan menurut warga sekitar, sudah ada sejak dulu. Kemudian ditemukan batu yang menyerupai Gunung Ciremai, lengkap dengan bentuk kawahnya.

Kepala Desa Sadamantra, H Rasmad MSi menerangkan, keberadaan bebatuan yang diyakini memiliki sejarah tersebut baru diketahui beberapa tahun ke belakang. Itu setelah salah seorang warganya yang tak sengaja menemukannya.

“Kami serta masyarakat, awalnya menganggap biasa-biasa saja seperti alam, tetapi setelah diselidiki dengan para sesepuh, ternyata bebatuan tersebut memiliki keunikan. Bentuknya yang berbeda dengan batu lainnya, membuat kami tertarik,” kata Rasmad.

Dia menceritakan, bebatuan yang ada di Desa Sadamantra diyakini memiliki sejarah atau merupakan gambaran tentang kondisi Gunung Ciremai. Apalagi lokasi desanya tak terlalu jauh dengan Gunung Ciremai.

“Ini baru anggapan saja, kalau lokasi tersebut sebuah situs. Tetapi memang harus diselediki dulu kebenarannya oleh para ahli. Supaya anggapan kami benar dan sesuai hasil penelitian. Selama ini kami berusaha menjaga keaslian batu dan lingkungan di sekitarnya,” ujar Rasmad.

Lebih lanjut dikatakan pria berpenampilan klimis itu, bentuk batu yang berdiri dalam posisi seperti berdiri itu, menguatkan kalau bebatuan yang ditemukan di desanya tersebut ada yang menyerupai gunung tertingi di Jawa Barat itu.

“Batu-batu yang ditemukan ada yang menyerupai kawah Gunung Ciremai, juga ada dua buah batu jangkung yang mirip gapura yang konon katanya disebut pancer (tiang) Gunung Ciremai. Untuk kebenarannya, kami sendiri tidak tahu,” paparnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya…

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *