Sah, Sertu Aprilio Manganang Menangis Haru Usai Persidangan

oleh -373 views
Sah-Sertu-Aprilia-Manganang-Menjadi-Aprilio-Perkasa-Manganang-9-630x420
Sertu Aprilia Manganang tak kuasa menahan haru saat memeluk Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa usai sidang virtual penetapan identitas barunya. FOTO : Issak Ramdhani / Fajar Indonesia Network

JAKARTA – Mantan atlet bola voli putri nasional Aprilia Manganang resmi mengganti identitasnya menjadi seorang pria bernama Aprilio Perkasa Manganang.

Perubahan identitas itu disahkan Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, pada Jumat (19/3). Setelah mendengar putusan tersebut, Aprilio sempat diminta untuk memberikan pernyataannya.

Mengutip jpnn.com, suasana sempat hening sejenak saat Aprilio Manganang tak dapat menahan rasa harunya. Sembari menyeka air mata, dia kemudian memberikan pernyataan pertamanya setelah sah menanggalkan nama Aprilia Manganang yang sudah dikenal di dunia voli Indonesia.

“Terima kasih, Yang Mulia (hakim PN Tondano, red), terima kasih. Ini yang saya tunggu selama ini. Puji Tuhan, saya bisa lewati semua,” ucap Manganang.

Baca juga:

Bikers Cantik Bikin Enak Dipandang, saat Tahu Aslinya Banyak yang Balik Kanan, Kenapa?

Video Detik-Detik Serda Aprilia Manganang Operasi Kelamin

Dia bersyukur karena akhirnya bisa melewati proses ini dan mencapai harapannya untuk menemukan kejelasan kelamin setelah selama ini sering menjadi kontroversi karena perawakannya yang maskulin, tetapi berkarier di voli putri, dipermasalahkan oleh pihak-pihak lain.

“Saya bersyukur banget bisa lewati ini. Ke depan mungkin saya akan tetap fokus pada profesi saya sebagai prajurit TNI AD. Di mana pun saya ditempatkan,” tandasnya..

Artinya, Aprilio kini belum berpikir untuk kembali ke voli.

Aprilio Perkasa Menganang ingin mengabdikan diri sepenuhnya untuk kesatuannya, TNI AD, yang telah memberikannya anugerah berupa kepastian jenis kelamin serta memberikan dukungan untuk operasi agar memastikan jenis kelaminnya tersebut. (dkk/jpnn)