Komisi Yudisial Minta Hormati Majelis Hakim

oleh -72 views
Kejaksaan Agung RI. FOTO: DOK.RADARCIREBON.COM
Kejaksaan Agung RI. FOTO: DOK. RADARCIREBON.COM

JAKARTA-Komisi Yudisial (KY) memberi warning atau peringatan kepada Habib Rizieq Shihab dan kuasa hukumnya. Habib Rizieq cs diminta untuk menghormati Majelis Hakim serta menjaga tata tertib persidangan.

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia Advokasi Hukum dan Penelitian dan Pengembangan KY, Binziad Kadafi mengatakan setiap orang harus menghormati jalannya sidang. Termasuk Habib Rizieq dan kuasa hukumnya. “Hal itu harus dilakukan setiap menjalani proses persidangan,” katanya, Kamis (25/3).

Hal itu disampaikan KY terkait kegaduhan yang terjadi pada sidang dengan terdakwa Habib Rizieq di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya bagi tim penasihat hukum Habib Rizieq, KY juga meminta tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) agar mewujudkan terselenggara-nya persidangan yang tertib dan aman dalam menjalankan fungsinya.

Selain itu KY juga meminta semua pihak terkait yang meliputi organisasi advokat, kejaksaan, rumah tahanan, kepolisian dan pimpinan lembaga peradilan untuk secara bersama mewujudkan terlaksananya persidangan baik secara fisik maupun elektronik yang aman, tertib dan menerapkan protokol kesehatan.

Masyarakat, juga harus berkontribusi dalam mewujudkan kekuasaan kehakiman yang merdeka serta menjaga martabat dan keluhuran hakim.

Khusus bagi Majelis Hakim, KY meminta agar terus mengoptimalkan peran dalam memimpin persidangan sesuai KUHAP Peraturan Mahkamah Agung (Perma) nomor 4 tahun 2020 dan Perma nomor 5 tahun 2020 serta terus memegang teguh kode etik dan perilaku hakim.

Habib Rizieq Shihab didakwa atas tiga perkara, yaitu perkara Nomor 221/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim terkait kasus kerumunan di Petamburan. Selanjutnya perkara dengan nomor 225/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim terkait tes usap di RS Ummi dan perkara Nomor 226/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim terkait kasus kerumunan di Megamendung. (gw/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *