DPRD Kota Cirebon Ajak Semua Pihak Lestarikan Cagar Budaya

oleh -126 views
Cagar-Budaya-Kota-Cirebon
Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati saat berkunjung ke Keraton Kacirebonan, Senin (29/3). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Semua pihak diminta untuk berperan aktif dalam penyelamatan dan pelestarian cagar budaya yang ada di Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati saat berkunjung ke Keraton Kacirebonan, Senin (29/3).

Menurutnya, cagar budaya harus dilestarikan karena mempunyai arti penting bagi kebudayaan bangsa. Khususnya untuk memupuk rasa kebanggaan nasional dan memperkokoh kesadaran jati diri bangsa.

“Setidaknya terdapat tiga komponen yang harus melestarikan cagar budaya yaitu pemerintah, masyarakat dan swasta. Pemerintah berperan membuat peraturan dan sosialisasi, melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan. Kemudian, Masyarakat berperan melindungi dan merawat, mengembangkan serta memanfaatkan. Sedangkan swasta berperan melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan,” ungkapnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan ini mengaku terkesan dengan benda-benda pusaka maupun sejarah di Keraton Kacirebonan.

“Saya sangat takjub dan terkesan menyaksikan sendiri koleksi yang ada di Keraton Kacirebonan ini yang tersimpan dengan rapi dan terawat. Mulai koleksi pedang pusaka hingga koin peninggalan zaman Belanda,” ucapnya.

Fitria mengaku selalu mempromosikan wisata keraton kepada tamu-tamu yang melakukan kunjungan ke DPRD Kota Cirebon.

“Ya kami setiap ada kunjungan tamu DPRD dari daerah atau kota lain ke DPRD Kota Cirebon selalu menyampaikan bahwa di Kota Cirebon terdapat 4 keraton yang masih aktif agar bisa menjadi tujuan wisata untuk warganya saat berkunjung ke Kota Cirebon,” katanya.

Fitria juga meminta masyarakat ikut berperan aktif menjaga, melestarikan sekaligus memanfaatkan warisan budaya untuk mendukung kegiatan ekonomi Kota Cirebon. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *