Indikasi Kebocoran, Sebelum Kebakaran di Kilang Pertamina Tercium Bau Bensin di Balongan, Warga Sempat Demo

oleh -955 views
demo-warga-bau-bensin-di-pertamina
Demo warga Desa Sukaurip Kecamatan Balongan karena bau bensin menyengat. Demo ini dilakukan beberapa jam sebelum terjadi kebakaran di tangki penyimpanaan BBM Pertamina RU VI Balongan Indramayu. Foto: Tangkapan layar

Kebakaran kemudian terjadi di tangki penyimpanan BBM Kilang Pertamina Balongan. Kebakaran terjadi di tangki T-301G sekitar pukul 00.45 WIB.

Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran karena terjadinya kebocoran. Saat itu, lanjut Dofiri, kondisi cuaca tengah hujan disertai petir.

Dofiri memastikan situasi saat ini sudah terkendali. Kobaran api di lokasi kejadian sudah dilakukan lokalisir. Api saat ini mulai reda dibandingkan tadi malam.

Kendati demikian pihak pertamina sendiri belum menjawab terkait penyebab terjadinya kebakaran. Dalam konferensi pers virtual yang diikuti Radar Cirebon, hanya dijelaskan bahwa penyebab kebakaran masih dalam investigasi.

Saat ditanyakan terkait sistem HSSE di kilang, kemudian dijawab bahwa secara umum pertamina selalu melaksanakan protokol HSSE secara ketat.

Pasca insiden tim emergency HSSE telah melaksanakan penanganan secara hati-hati dan cepat, berkoordinasi dengan pemda dan pihak terkait.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga meluruskan terkait bagian yang terbakar bukan kilang melainkan tangki penyimpanan BBM. “Fasilitas kilang, termasuk jetty aman,” kata Nicke, dalam konferensi pers tersebut.

Disampaikan dia, saat ini Pertamina fokus pada penanganan insidennya. Sementara terkait penyebab kebakaran masih dalam investigasi. “Kita harus bisa memadamkan api. Bila ini sudah selesai, kilang bisa dioperasikan kembali,” tuturnya.

Sebab, sambung dia, untuk storage (penyimpanan), di samping yang terbakar ada tempat lain dengan kapasitas yang sama dan bisa digunakan.

Sehingga, Tidak ada kendala signifikan nantinya dalam supply BBM yang diproduksi kilang balongan. Sementara untuk masyarakat, tidak ada rumah atau fasilitas di sekitarnya yang rusak.

“Untuk penanganan sekarang, api berhasil dilokalisir di lokasi,” ucapnya. (yud)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *