Tangki Pertamina di Kilang Balongan Terbakar, Stok BBM Cukup untuk 27 Hari

oleh -1.536 views
pertamina-balongan-indramayu-meledak
Kepulan asal tebal dari Kilang Pertamina terlihat dari Desa Sukaurip, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. Foto: Anang Syahroni/Radar Indramayu

JAKARTA – Kepulan asap masih terlihat di area Kilang minyak Pertamina RU VI Balongan Indramayu yang terbakar dan warga sempat mendengar suara meledak. Kilang ini memiliki posisi strategis, termasuk dalam pasokan BBM nasional.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono menjelaskan, kondisi BBM stok nasional sangat aman. Untuk gasoline mencapai 10,5 juta barel atau cukup untuk 27 hari ke depan dengan rata-rata pemakaian per hari 62.500 kilo liter.

Kemudian untuk solar 8,8 juta barel, yang ditaksir cukup untuk 20 hari. Sedangkan avtur 3,2 juta barel bisa untuk 74 hari konsumsi.

“Balongan mensuplai daerah sekitar Cikampek dan Plumpang,” ujar Mulyono, dalam konferensi pers virual, Senin (29/3/2021).

Untuk Depo Plumpang, kata dia, memang disuplai lewat pipa langsung dari Balongan, Indramayu. Di depo ini terdapat stok yang cukup untuk 12-13 hari ke depan.

Sedangkan di Cikampek, stok gasoline juga mencapai 13 hari, dan untuk solar 10 hari. “TBBM Balongan stok juga di atas 12 hari,” tuturnya.

Ditegaskan dia, untuk kilang tidak ada masalah, hanya normal shut down untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran.

Oleh karena itu, begitu kebakaran bisa ditangani, kilang bisa kembali beroperasi. “Sambil menunggu pemadaman, membutuhkan waktu 4 hingga 5 hari,” katanya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *