Patung Garuda Raksasa di Ibu Kota Baru yang Menuai Kontroversi, Ini Maknanya

oleh -628 views
Desain-istana-ibu-kota-baru
Patung garuda raksasa di Ibu Kota Negara di Kalimantan.

JAKARTA – Desain patung garuda raksasa istana baru presiden ibu kota negara (IKN) di Kalimantan, menuai kontroversi. Desain yang dibuat Nyoman Nuarta itu, punya makna tersendiri.

Desain tersebut dipilih dari hasil sayembara Istana di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Nyoman memaparkan, Istana Negara dirancang sebagai sesosok patung Garuda yang tidak berhenti hanya sebagai landmark sebuah kawasan, tetapi lebih dari itu dimana perwujudan pencapaian sinergi antara seni, sains, dan teknologi.

“Sebagai negara dengan keragaman kebudayaan yang kaya, Indonesia harus lahir menjadi satu-satunya negara di dunia yang berhasil memadukan secara pekat antara seni, sains, dan teknologi,” ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (2/4).

Nyoman mencontohkan, Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali misalnya, telah dirancang menjadi magnet baru bagi pergerakan kebudayaan dunia dengan sepandai-pandainya menggunakan industri pariwisata, yang telah menjadi industri jasa penghasil devisa terbesar di dunia.

“Dalam tubuh patung Garuda, presiden akan berkantor, ditambah dengan unsur-unsur pendukung seperti sekretariat negara, sekretaris kabinet, dan kantor staf presiden,” kata Nyoman Nuarta.

Jadi tambahnya, wujud burung Garuda, tidak berhenti sebagai sosok patung yang besar, tetapi menjadi karya arsitektural yang memadukan seni dan struktur bangunan gedung. “Inilah perpaduan antara unsur-unsur estetika dan desain,” ujar seniman kelahiran Tabanan, Bali tersebut.

Pada bagian-bagian lain dari Istana Negara akan diisi dengan museum dan galeri. Dua hal yang amat penting dalam menciptakan citra keteduhan sebagai sebuah istana negara. Bahkan dirancang pula pameran-pameran untuk memperlihatkan karya- karya dari UMKM. “Ini kan jadi kebanggaan negara kita,” katanya.

Berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: