Saat Penyelam Basarnas Evakuasi ABK Barokah Jaya yang Tenggelam

oleh -179 views
pencarian-awak-kapal-barokah-jaya
Penyelam Basarnas melakukan upaya evakuasi terhadap ABK Barokah Jaya. Foto: Basarnas

INDRAMAYU – 15 Anak Buah Kapal (ABK) Barokah Jaya yang selamat telah berhasil dievakuasi. Sementara 2 lainnya meninggal dunia. Salah satunya ditemukan penyelam Basarnas Special Group (BSG).

Dari video yang diterima Radar Cirebon, penyelam Basarnas nampak berada di bawah laut. Salah satunya memotong jaring yang menjerat baling-baling kapal.

Sementara penyelam lainnya nampak masuk ke dalam kapal yang tenggelam. Tak lama kemudian menarik jenazah salah satu ABK yang telah meninggal dunia.

Tim Basarnas dan sejumlah elemen lainnya baik dari Polairud, TNI AL, diterjunkan untuk melakukan pencarian. Sebab, ABK Barokah Jaya berjumlah 32 orang. Sehingga masih ada 15 lainnya yang dalam status pencarian.

Pihak keluarga berharap ABK yang hilang dan kini masih dilakukan pencarian bisa ditemukan dalam keadaan selamat. Salah satunya Julena (50).

Perempuan paruh baya tersebut mengatakan, dari kelima belas korban yang hilang itu dua diantaranya keponakannya.

“Dua orang keponakan saya bernama Alni sama Tarko. Keduanya anak dari adik suami saya,” tuturnya.

Julena berharap kedua keponakannya itu ditemukan dalam keadaan selamat. Hingga kini pihak keluarganya terus menunggu informasi dari Tim SAR.

Selain membawa 15 ABK kapal Barokah Jaya yang selamat, Tim SAR juga membawa 2 korban meninggal. Keduanya ditemukan di sekitar lokasi kejadian dalam kondisi meninggal dunia.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, dua korban meninggal dunia yang pertama ditemukan pukul 07.00 WIB dengan posisi tubuh tersangkut di jaring. Sedangkan satu korban lainnya ditemukan pukul 08.00 WIB di kapal Barokah Jaya yang jaraknya sekitar 50 Meter dari Kapal MV Habco Pioneer.

“Hingga saat ini tim BSG telah memastikan bahwa di LKP tidak ada lagi korban yang ada di dalam MV Barokah Jaya,” terangnya. (rdh/kom)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *