Sering Sakit Anyang-Anyangan? Ternyata Penyebabnya Mengerikan…

oleh -70 views
Ilustrasi: Pixabay

SIAPA sih diantara kalian semua yang sering sekali sakit anyang-anyangan? Mulai sekarang jangan anggap sepele penyakit ini loh tipstrenners. Beberapa faktor terjadinya anyang-anyangan justru karena terdapat penyakit tertentu yang memerlukan perhatian khusus.

Anyang-anyangan atau dalam bahasa medis bernama dysuria ini merupakan penyakit buang air kecil yang tidak tuntas disertai rasa nyeri atau terbakar.

Pada wanita, kondisi anyang-anyangan juga bisa disebabkan oleh diabetes dan penyakit tertentu.

Bukan hanya itu saja berikut merupakan beberapa faktor anyang-anyangan terjadi pada kamu. Ingat sekali lagi, jangan pernah disepelekan!

1. Infeksi Saluran Kemih

Salah satu penyebab utama anyang-anyangan adalah adanya infeksi pada saluran kemih atau ISK.

Kondisi ini dapat terjadi saat air kencing banyak sekali mengandung bakteri berlebih dan menumpuk di suatu tempat di saluran kemih, termasuk ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra.

2. Infeksi Prostat

Infeksi prostat atau prostatitis adalah infeksi bakteri jangka pendek. Selain itu, peradangan dari kondisi lain seperti penyakit menular seksual juga dapat menyebabkan prostatitis.

3. Batu Ginjal

Batu ginjal sendiri adalah kumpulan kalsium atau asam urat yang membentuk batu di dalam dan seitar ginjal.

Terkadang, batu ginjal juga dapat menempel di dekat area tempat urine masuk ke kandung kemih, sehingga memicu terjadinya anyang-anyangan.

4. Kista Ovarium

Kista ovarium dapat menekan kandung kemih dan menyebabkan rasa nyeri saat buang air kecil. Kista ovarium dapat berkembang di satu atau kedua ovarium yang terletak di kedua sisi kandung kemih.

Selain mengalami anyang-anyangan, wanita dengan kista ovarium kemungkinan juga akan mengalami beberapa gejala lainnya, seperti rasa nyeri di area panggul, pendarahan pada vagina yang tidak biasa dan masih banyak yang lainnya.

5. Interstitial Cystitis

Interstitial cystitis atau dikenal juga sebagai sindrom nyeri kandung kemih adalah suatu kondisi yang menyebabkan iritasi kronis pada kandung kemih.

Kondisi ini dapat berlangsung selama enam minggu atau bahkan lebih tanpa adanya infeksi.

6. Iritasi atau Infeksi pada Vagina

Infeksi vagina atau dikenal sebagai vaginitis adalah kondisi yang dapat terjadi karena pertumbuhan bakteri atau jamur secara berlebihan.

Penyakit menular seksual yang disebut trikomoniasis juga dapat menyebabkan infeksi vagina.

7. Sensitivitas terhadap Bahan Kimia

Bahan kimia yang berada di luar tubuh, seperti wewangian untuk organ intim juga dapat mengiritasi jaringan tubuh. Saat seseorang buang air kecil, iritasi ini mungkin lebih terlihat, dan rasa sakit bisa terjadi.

Iritasi pada organ intim ini dapat menjadi penyebab anyang-anyangan.

8. Efek Samping Obat

Selain anyang-anyangan, efek samping konsumsi obat dapat menimbulkan gejala lain yang berbeda-beda tegantung jenis obatnya.

Jika seseorang telah memulai pengobatan baru dan mulai merasakan sakit saat buang air kecil, mereka harus menghubungi dokter.(tipstren)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *