Setelah Rutan Cirebon, Giliran Penghuni Lapas Kesambi Dirazia

oleh -792 views
Razia-Penghuni-Lapas-Kesambi
Petugas melakukan penggeledahan di kamar warga binaan (napi) Lapas Kesambi Cirebon, Selasa malam (6/4). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Kesambi, Kota Cirebon, melakukan razia terhadap narapidana, Selasa malam (6/4).

Razia penghuni Lapas tersebut merupakan razia serentak gabungan dari Aparat Penegak Hukum (APH) di antaranya dari Polri, TNI, BNN dan Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) Lapas Kesambi Cirebon.

Razia yang dimulai pukul 20.30 WIB tersebut, petugas melakukan penggeledahan di salah satu blok dengan jumlah 6 kamar hunian.

Dari hasil razia tersebut, petugas menyita sejumlah alat komunikasi berupa handphone, barang-barang elektronik. Di antaranya teko listrik pembuatan air, korek api gas, mesin grinda, kipas angin, hingga dua senjata mainan jenis M16 dan pistol.

Kepala Lapas Klas1 Kesambi Cirebon Agus Irianto melalui Kepala Keamanan Lapas Klas 1 Kesambi Cirebon Sukarno Ali kepada radarcirebon.com mengatakan, razia terhadap kamar hunian napi tersebut dilakukan secara serentak seluruh Lapas dan Rutan se-Indonesia dengan melibatkan aparat penegak hukum.

“Razia ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57 Tahun 2021. Dengan diketemukannya barang terlarang ini di dalam Lapas, maka ini merupakan bukti nyata dan keseriusan kami dalam memberantas barang terlarang di dalam Lapas,” katanya.

Menurut Sukarno, warga binaan (narapidana) yang kedapatan memiliki barang yang berhasil disita petugas, akan menjalani pemeriksaan.

“Besok (7/4), kami akan memeriksa warga binaan pemilik barang yang kami sita saat razia tadi. Nanti kami proses sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ujarnya.

Sukarno menyebutkan, tidak dilakukan tes urine terhadap warga binaan saat razia berlangsung.

“Tadi dari rekan-rekan BNN Kota Cirebon dan Satnarkoba Polres Ciko tidak melihat adanya indikasi penyalahgunaan narkoba, maka kami tidak melakukan test urine terhadap warga binaan,” sebutnya dibenarkan Kasatnarkoba Polres Ciko, Iptu Muhammad Ilham.

Sukarno menambahkan, akan menggelar razia serupa secara kontinu.

“Rencananya kami akan laksanakan secara kontinu setalah bulan puasa Ramadan nanti. Kami akan membuat jadwal bersama Polres Ciko, BNN dan Kodim 0614/Kota Cirebon. Kami akan lakukan razia gabungan rutin setiap 1 bulan sekali,” imbuhnya.

Masih di tempat yang sama, Kasatnarkoba Polres Ciko Iptu Muhammad Ilham menjelaskan, kehadiran Polri dalam razia tersebut merupakan salah satu bentuk sinergitas dengan Lapas dan BNN.

“Kami hadir dalam rangka pengamanan, pemberantasan dan antisipasi penyalahgunaan dan peredaran narkoba di dalam lapas,” jelasnya didampingi KBO Satnarkoba Polres Ciko Ipda Rudiyana. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *