Solmed Ngeyel Bela Istri Joget TikTok, Ustaz Abduh Tuasikal: Itu Haram

oleh -445 views
Ustaz Solmed dan sang istri (kiri). Ustaz Abduh Tuasikal (kanan). Foto: Istimewa

JAKARTA – Penceramah Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal ikut menanggapi kontroversi Istri Ustaz Sholeh Mahmoed Nasution alias Ustaz Solmed dan istrinya, April Jasmine yang berjoget TikTok.

Sebagai Istri seorang Ustad, April Jasmine dinilai tidak pantas bergoyang TikTok dan menjadi konsumsi publik. Ustad Abduh Tuasikal mengatakan, pembelaan Solmed yang menggunakan bahasa Arab dengan menukil mazhab Syafi’i adalah salah tempat.

“Kenapa kami membahas hal ini: Karena ustadz ini adalah public figure. la menyampaikan pendapatnya dalam bahasa Arab dengan menukil pendapat dalam madzhab Syafii, tetapi salah penempatan,” jelas Ustad Abduh melalui akun Instagram-nya, dikutip Selasa (6/4).

Ustad Abduh melanjutkan, Ulama Syafiiyah bolehkan ar-raqshu (menari), tetapi tidak untuk perempuan, apalagi untuk santapan publik. Sehingga joget bagi wanita untuk menjadi konsumsi publik adalah haram.

“Berjoget atau menarinya seorang wanita di hadapan yang bukan mahram dihukum haram karena godaan wanita begitu dahsyat,” jelas Ustad Abduh.

Kemudian dia melanjutkan, joget juga bisa dihukumi mubah seperti menari dengan alat perang (contoh, yang dilakukan oleh orang Habasyah yang ditonton Aisyah), bisa juga dihukumi makruh seperti bergoyang pada umumnya (asalkan tidak menjatuhkan muru’ah, kewibawaan), dan bisa juga dihukumi haram jika diiringi hal haram atau dilakukan dalam rangka ibadah.

Kemudian, jika ar-raqshu (kita sebut lemah gemulainya) yang dilakukan istri di hadapan suami, hukumnya halal. Hal ini dengan catatan, tidak dilihat oleh orang lain.

“Para ulama sepakat akan ditolaknya persaksian para penari (ar-raqqash) karena seperti ini menjatuhkan muru’ah (kewibawaan). Padahal muru’ah ini adalah faktor diterimanya suatu persaksian,” jelasnya.

Baca juga:

Liga Champions: Prediksi Real Madrid Vs Liverpool, Misi Balas Dendam

Viral Jeritan Petani Klangenan Cirebon: Pak Jokowi Harga Gabah Melorot

Oknum Perangkat Desa Playangan Gebang Dibekuk Polisi, Diduga Edarkan Obat Sediaan Farmasi tanpa Izin

Sebelumnya, Solmed ngeyel membela Istrinya yang dibully netizen karena goyang TikTok. Solmed menukil sebuah dalil tanpa memberikan keterangan. Hanya tertulis tulisan Alquran tanpa tanda baca.

“Di sini aja ngumpulnya Nih yang mau baca hukum menari, senam, joget. Biar gak ngabisin quota intinya apa? boleeeh dengan catatan yaa,” tulis Solmed di akun @ustad_solmed,

“Mari kita TikTokan. Hitung-hitung kayak senam SKJ zaman dulu,” tulisnya.

Solmed mengaku dia manusia merdeka yang tidak terbeban dengan aturan.

“Maaf ya saya merdeka, bukan yang ikut arus aturan deterjen,” lanjut Somled. (dal/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *