Geger Surat Ketua DPRD, BK: Aduan Diterima, Sanksi Pasti Ada

oleh -174 views
ketua-badan-kehormatan-dprd-kota-cirebon
Ketua BK DPRD Kota Cirebon, HP Yuliarso BAE.

CIREBON – Badan Kehormatan (BK) DPRD mengakui sudah menerima surat aduan surat Ketua DPRD Kota Cirebon terkait permintaan sumbangan ke instansi.

Ketua BK DPRD, HP Yuliarso BAE mengungkapkan, pihaknya sudah menerima surat yang dimaksud.

“Betul, surat sudah masuk ke sekretariat dewan dan sudah didisposisikan ke BK. Akan saya pelajari dulu surat aduannya,” ujar Yuliarso, kepada radarcirebon.com, Kamis (8/4/2021).

Yuliarso mengaku, pihaknya akan mempelajari surat aduan tersebut. Kemudian nantinya akan dibahas di internal BK. Dan bila ditemukan ada pelanggaran kode etik, yang bersangkutan akan dipanggil.

“Kami nanti akan panggil yang melanggar kode etiknya. Sanksi pasti ada,” tuturnya.

Sebelumnya, Praktisi Hukum Furqon Nurzaman SH menyampaikan aduan pelaporan atas surat berkop DPRD.

Dalam surat tertanggal 8 April 2021, Furqon menyampaikan laporan dalam beberapa poin. Menurut dia, surat tersebut tidak mencerminkan tugas fungsi lembaga DPRD.

Tidak hanya itu, permintaan sponsorship dan donasi untuk pemasangan spanduk, baliho dan T Banner justru menambah beban pelaku usaha. Apalagi di tengah pandemi covid-19 yang membuat dunia usaha kesulitan.

Furqon juga meminta agar penggunaan kop surat sebagaimana diklaim dalam penjelasan Media Promo Production agar diusut tuntas.

Tidak hanya itu, dalam surat yang diterbitkan terdapat perbedaan mencolok pada cap lembaga dalam surat bertanda tangan Ketua DPRD.

Kemudian, dia menyebut bahwa klarifikasi yang disampaikan Ketua DPRD masih bersifat personal dan tidak mewakili kelembagaan. (rdh)

*Klarifikasi dari pihak Ketua DPRD, Hj Affiati SPd dan EO Media Promo Production dapat disimak di sini: Ketua DPRD Kota Cirebon Klarifikasi Surat Permintaan Sumbangan, Begini Penjelasannya

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *