Pasokan Listrik Jawa-Bali Semakin Andal

oleh -42 views
PEMBANGUNAN: PLN melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) telah berhasil merampungkan pembangunan dan melakukan pemberian tegangan pertama (energize) pada Gardu Induk (GI) bertegangan 150 kilo Volt (kV) Comal yang berlokasi di Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.FOTO: IST/RADAR CIREBON

CIREBON – PLN terus berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik hingga ke seluruh daerah melalui berbagai pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan. Kali ini, PLN melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) berhasil merampungkan pembangunan dan melakukan pemberian tegangan pertama (energize) pada Gardu Induk (GI) bertegangan 150 kilo Volt (kV) Comal yang berlokasi di Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

General Manager PLN UIP JBT, Octavianus Duha, menjelaskan beroperasinya GI 150 kV Comal akan meningkatkan keandalan pasokan daya listrik pada sub-sistem kelistrikan Jawa-Bali.

“Alhamdullilah kami senang sekali karena telah berhasil meng-energize GI 150 kV Comal sehingga keandalan pasokan daya serta kualitas tegangan di Sub-sistem Jawa Bali khususnya jalur utara Pulau Jawa ini bisa semakin ditingkatkan,” ujar Octavianus.

GI 150 kV Comal berfungsi meningkatkan keandalan SUTT 150 kV sepanjang jalur utara pulau Jawa khususnya daerah Pekalongan-Pemalang dan sekitarnya serta sebagai salah satu ruas evakuasi daya dari GI 150 kV Batang New yang merupakan outlet pembangkit PLTU Batang. GI ini terdiri dari 1 Bay Line arah Pekalongan, 1 bay line arah Pemalang dan 1 Bay Coupler serta Incomer SUTT Comal – pekalongan line 2 dan Incomer SUTT 150 kV Comal – Pemalang Line 2.

Ia menambahkan, dalam upaya pengoperasiannya, GI 150 kV Comal sebelumnya juga telah diuji baik individu maupun uji fungsi peralatan oleh PLN Pusat Sertifikasi dan telah dinyatakan laik bertegangan selama 24 jam serta lolos percobaan pembebanan.

“Semuanya telah diuji dan dinyatakan laik operasi. Apresiasi kepada rekan-rekan di lapangan yang terus bersemangat menyelesaikan pembangunan walaupun kondisi cuaca sering tidak menentu. Hal ini sejalan dengan semangat transformasi PLN untuk terus memberikan listrik yang berkualitas sehingga bisa semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat”, imbuh Octavianus.(via/opl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *