Menuju Kota Cirebon Bersinar, RT dan RW Diminta Aktif Sampaikan Informasi Peredaran Narkoba di Wilayahnya

oleh -106 views
Kota-Cjrebon-Bersinar
Pencanangan dan deklarasi Kota Cirebon menuju bersih narkoba (bersinar) di Balai Kota Cirebon, Jumat (9/4). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON – Guna memutus mata rantai peredaran narkoba di tengah masyarakat, RT dan RW diminta untuk berperan aktif memberikan informasi terkait peredaran narkoba di wilayahnya.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis ditemui radarcirebon.com usai menghadiri pencanangan dan deklarasi Kota Cirebon menuju bersih narkoba (bersinar) di Balai Kota Cirebon, Jumat (9/4).

“Penanganan narkoba bisa dilakukan mulai dari tingkat RT dan RW yang dinilai bisa memutus mata rantai peredaran narkoba di tengah masyarakat. Keberadaan RT dan RW harus dilibatkan dalam penanganan narkoba. Sebab RT dan RW yang paling mengetahui permasalahan di wilayahnya, termasuk informasi terkait narkoba bisa dilaporkan oleh RT maupun RW tersebut kepada aparat yang berwenang,” ungkapnya.

Azis menuturkan, dirinya mendukung aparat berwenang untuk menangkap para pengedar narkoba.

“Seharusnya di tiap RT/RW dibuat agen (intelejen). Ketika kita punya agen di tingkat RT maupun RW kemudian dilaporkan kepada aparat kepolisian, mudah-mudahan peredaran narkoba bisa berkurang. Kita nyatakan perang terhadap bahaya narkoba. Kita pun dukung penangkapan-penangkapan terhadap pengedar narkoba, tanpa penangkapan, narkoba ini akan terus marak,” ujarnya.

Azis meminta seluruh camat dan lurah untuk menyebarluaskan informasi terkait peran serta RT dan RW tersebut.

“Sekali lagi libatkan tingkat RT dan RW, penanganan narkoba tidak akan berhasil tanpa peran serta masyarakat. Bagi saya narkoba merupakan kejahatan ekstrem maka penanganannya pun harus ekstrem, mudah-mudahan dengan mengajak masyarakat kita bisa mewujudkan Kota Cirebon Bersinar alias bersih narkoba,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon AKBP Yaya Satyanagara menyebutkan, Desa/Kelurahan Bersinar adalah suatu desa atau kelurahan yang memiliki kriteria tertentu dalam pelaksanaan program P4GN secara masif.

“Adapun kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan desa/kelurahan bersinar adalah melaksanakan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba kepada seluruh warga, melakukan kegiatan relawan dan penggiat anti narkoba serta mendorong terbentuknya intervensi berbasis masyarakat (IBM),” sebutnya.

Dijelaskan AKBP Yaya, deklarasi Desa/Kelurahan Bersinar merupakan niat yang baik dalam penanganan narkoba di Kota Cirebon.

“Kita bisa memutarbalikkan Kota Cirebon yang tadinya rawan narkoba, kita balikkan menjadi bersinar alias bersih narkoba, tentunya dengan cara bersinergi seluruh pihak,” jelasnya.

Melalui pencanangan tersebut, Kepala BNN Kota Cirebon mengatakan, seluruh stakeholder bisa bersinergi mewujudkan Kota Cirebon Bersinar.

“Kita perangi narkoba dengan edukasi, rehabilitasi dan penegakan hukum adalah upaya terakhir, karena belum tentu pengguna narkoba dihukum, kecuali pengedarnya yang dihukum. Terhadap pengedar kita tidak ada toleransi. Untuk itu mari kita mulai niat kita yang suci ini,” katanya.

Menurut AKBP Yaya, hasil penelitian yang dilakukan BNN secara periodik setiap tiga tahun sekali bahwa angka prevalensi terhadap narkotika sejak 2011 hingga 2019 terjadi penurunan yang cukup signifikan.

“Di tahun 2011, prevalensi pada angka 2,23 %. Kemudian tahun 2014 prevalensi pada angka 2, 18 %. Lalu di tahun 2017 pada angka 1.77% dan tahun 2019 pada angka 1,80%. Meski demikian, kita tidak boleh terlena dan kewaspadaan terhadap narkotika harus lebih ditingkatkan,” ujarnya.

Masih kata AKBP Yaya, pentingnya ketahanan keluarga dalam penanganan narkoba.

“BNN sebagai lembaga vertikal yang diberikan amanah untuk menangani persoalan narkoba dari hulu hingga hilir akan menjalankan tugas dan kewenangan yang diberikan. Kitapun berupaya mewujudkan ketahanan keluarga dari penggunaan narkoba,” pungkasnya.

Pantauan radarcirebon.com, pada kegiatan pencanangan tersebut, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis membacakan deklarasi yang diikuti oleh para undangan yang terdiri dari anggota Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tingkat Kota Cirebon.

Usai deklarasi, dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama menuju Kota Cirebon Bersinar. Kegiatan tersebut juga digelar secara virtual di lima kecamatan se-Kota Cirebon yang diikuti oleh anggota P4GN tingkat kecamatan dan kelurahan. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *