Viral Pohon Pisang Raksasa Tingginya 15 Meter, Buahnya Sebesar Pepaya

oleh -2.543 views
pohon-pisang-raksasa

POHON pisang yang satu ini viral di media sosial. Selain ukurannya yang tinggi menjulang, buahnya juga besar. Bahkan melebihi ukuran pepaya. Namanya Musa Ingens dari Papua.

Gambar pisang raksasa ini awalnya viral di Twitter. Disebutkan bahwa jenis pisang tersebut adalah Musa Ingens dan berasal dari Papua.

“Tahukah kalian kalau di papua ada pisang musa ingens, pisang terbesar di dunia. Enaknya pisang ini diolah jadi apa yah?” tulis keterangan unggahan di Twitter itu.

Sementara itu, peneliti LIPI, Yuyu Suryasari menjelaskan, pohon pisang raksasa memang benar ada. Tetapi buah yang ditampilkan tidak demikian. Sama seperti pisang lainnya yang berbiji.

Pisang Musa Ingens berasal dari famili tumbuhan pisang atau Musaceae. Dan Musa Ingens tersemasuk pisang liar.

Pohon pisang ini juga tidak biasa dari segi ukuran. Tingginya mencapai 15 meter dan harus dipanjat untuk mengambil buahnya.

Yuyu juga menjelaskan, ada sekitar 70 spesies pisang yang tersebar di seluruh dunia. Indonesia adalah salah satu pusat asal-usul spesies tersebut, bersama dengan negara-negara Asia lainnya.

“Indonesia ini pusatnya keragaman pisang di dunia, bersama dengan negara Asia Tenggara lainnya. Dan kita sebetulnya perlu concern dengan konservasi pisang-pisang liar ini,” ujar Yuyu.

Menurut Yuyu, pisang budidaya yang selama ini banyak dijumpai berasal dari dua spesies, yaitu Musa acuminata dan Musa balbisiana.

Awalnya semua berasal dari pisang liar yang berbiji, kemudian dari evolusi dan saling-silang maka muncullah pisang yang tidak berbiji. (yud/kmp)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *