Siluman Belut Putih Penunggu Waduk Darma, Muncul saat Dipancing Pakai Kerbau

oleh -23.725 views
rel-kereta-di-dasar-waduk-darma
Keindahan Waduk Darma, Kabupaten Kuningan. Foto: Agus Panther/Radar Cirebon

PANTURA X FILES – Waduk Darma, di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini telah direvitalisasi. Suasananya yang baru, menghadirkan pemandangan yang asri. Namun, tak menghapus cerita misteri legenda siluman belut putih.

Waduk Darma sejak dulu punya banyak cerita misteri yang berkembang dari mulut ke mulut. Contohnya, adanya belut putih yang suka menampakkan diri kepada orang-orang tertentu.

Menurut mantan Kepala Desa Sakerta Timur, Cucu Sudrajat, kemunculan belut putih tidak bisa ditunggu-tunggu. Namun, konon ada yang pernah melihat mahluk gaib tersebut muncul di tengah-tengah waduk.

Tetapi menurutnya, kemunculan mahluk tersebut bukan untuk mengganggu, tetapi untuk mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga sikap dan sopan santun di lokasi waduk.

Pernah suatu saat warga sekitar penasaran dengan belut putih, maka disepakati untuk dipancing supaya belut itu muncul kembali. “Dipasanglah seekor kerbau, betul saja kerbau tersebut ditelan bulat-bulat,” cerita Cucu.

Sejak saat itu, masyarakat sekitar tidak berani berbuat macam-macam, mereka menggangap waduk tersebut ada penunggunya. Kendati demikian, cerita mistis itu menjadi semacam bumbu bagi keindahan waduk itu.

Kini, Waduk Darma telah direvitalisasi dan akan diteruskan pada tahap berikutnya. Keindahannya telah menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Kuningan.

Di masa liburan atau Lebaran, puluhan ribu wisatawan berdatangan ke waduk terbesar di wilayah III Cirebon itu.

Ada yang hanya sekadar menikmati pemandangan alam, atau berwisata naik perahu mengamati keramba ikan atau pulau kecil yang ada di tengah waduk.

Tahun 1800-an, waduk ini sudah terbentuk meski ukurannya masih kecil. Barulah ketika zaman Jepang, pembangunan waduk rampung dilaksanakan.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *