Sambut Ramadan, Berenang di Telaga Nilem

oleh -143 views
SAMBUT RAMADAN: Rombongan tim Asal Gowes Cirebon Katon menikmati kesegaran dan keindahan Telaga Nilem usai gowes bersama, Sabtu (10/4). Kegiatan ini menjadi penutup sebelum melaksanakan ibadah puasa.

CIREBON – Udara sejuk dan air yang jernih, menjadikan tim Asal Gowes Cirebon Katon malas beranjak pulang. Itulah kesan perjalanan saat berkunjung ke Telaga Nilem, Kabupaten Kuningan Sabtu (10/4). Telaga Nilem merupakan kawasan wisata alam yang terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan.

Telaga ini merupakan sumber air bersih bagi warga di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon, khususnya wilayah Kecamatan Dukuhpuntang dan sekitarnya.

Saking bersih dan jernihnya air di Telaga Nilem, pengunjung bisa melihat dengan jelas ekosistem bawah air. Sehingga, membuat pengunjung betah berlama-lama di dalam kawasan wisata tersebut.

Telaga ini adalah kolam alami yang masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Dasar telaga ini berupa bebatuan dan kerikil yang banyak ditumbuhi ganggang dan lumut. Ada dua kolam alami yang masing-masing memiliki kedalaman sekitar 0-1,2 meter, sedangkan yang dalam sekitar 0-4 meter.

Untuk masuk kawasan wisata ini, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 15000/orang.

Tujuan berkunjung ke Telaga Nilem adalah sebuah rencana yang sudah jauh-jauh hari disusun untuk  menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Pasalnya, selama Ramadan, aktivitas gowes rutinan ini pada akhir pekan akan off dulu.

“Gowes ini sengaja kami buat spesial, karena sebelum memasuki Ramadan harus ada gowes yang menantang dan berakhir menyenangkan,” kata Direktur Radar Cirebon Group, Syahbana.

Selama perjalanan menuju Telaga Nilem, para goweser disuguhkan track yang memang menantang. Pasalnya, sejumlah tanjakan harus dilibas dengan penuh kesabaran dan tenaga ekstra.

“Alhamdulillah, dalam gowes kali ini minim peserta yang loading. Artinya, dengan karakteristik track tanjakan, khususnya saat melintas di jalur Cikalahang-Telaga Remis, semua peserta mengayuh sepedanya,” bebernya.

Beruntung, sebelum menuju Telaga Nilem para peserta mampir terlebih dahulu ke RM Barokah untuk mengisi perut yang kosong dan menyiapkan tenaga guna melanjutkan perjalanan.

Ketika sampai di lokasi finish, semua peserta tidak sabar untuk segera menceburkan diri kedalam kolam yang sangat jernih. Semua keluh dan peluh selama perjalanan, hilang terbawa air Telaga Nilem yang sejuknya minta ampun.

“Sampai bertemu lagi pada edisi gowes selanjutnya. Kami akan kembali setelah lebaran, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan, mohon maaf lahir dan batin,” singkat Direktur RCTV, Abdul Malik. (jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *